Header AD

Kenali Curug Gentong Sukabumi Spot Wisata yang Belum Tertata


TatarSukabumi.ID - Berbicara destinasi wisata Sukabumi seakan tidak akan pernah habis, segudang spot tujuan wisata menyimpan sejuta keindahan dan keunikan tersebar di Sukabumi.


Dari sekian banyak destinasi wisata di Sukabumi, beberapa spot wisata masih belum tersentuh masih perawan.


Diantaranya Curug Gentong (air terjun) yang berada dialiran Sungai Ciliung Gunung yang berada dilahan Perhutani, masih dalam kawasan Geopark Ciletuh dengan jarak tempuh dari jalan utama sekira 150 meter menuju lokasi Curug di Kampung Cibalok, Desa Waluran Mandiri, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.


BACA JUGA : Dalang Sukabumi Dinobatkan Sebagai Dalang Pinilih se-Jabar


Air terjun ini sangat berpotensi sebagai wisata alam, meski belum banyak dikenal dan belum tertata.


Curug yang terlihat jelas dari jalan membuat wisatawan yang menuju Ujunggenteng maupun kawasan Pantai Palangpang tertegun dan berhenti sejenak unyuk sekedar istirahat maupun berswafoto dengan latar belakang air terjun.


Curug Gentong ini dianggap memiliki keistimewaan tersendiri, seperti namanya, Curug ini memiliki kolam dengan bentuk menyerupai gentong dengan lima undakan (tangga) serta terdapat lima kolam.


BACA JUGA : Libur Natal dan Tahun Baru Geopark Ciletuh Diserbu


Tiga kolam diantaranya menyerupai bentuk Gentong yang masing masing mempunya kedalaman berbeda.


Kolam paling dasar memiliki kedalaman 2 meter dengan tinggi air terjun lebih dari 7 meter, sedangkangkan kolam yang kedua kedalamannya sekira 4 meter dengan ketinggian air terjun lebih tinggi berkisar dari 8 meter, sedangkan kedalaman kolam ke-3 sekira 2 meter dengan ketinggian air terjun sekira 7 meter.


Pada undakan lainnya memiliki kolam dengan kedalaman rata rata 1 hingga 1,5 meter dengan total ketinggian keseluruhan kurang lebih 50 meter.


BACA JUGA : Dorong Income Warga Cikidang, Bupati Sukabumi Gelar Roadshow Sabadesa


Untuk mengunjungi Curug, Pengunjung dari arah Sukabumi atau Palabuhanratu bisa mengakses arah Kiaradua dilanjutkan menuju arah Jampang.


Curug ini berada tepat disisi kiri Jalan Raya Kiaradua arah Waluran setelah melewati kawasan hutan Pasir Piring, namun pengunjung hanya memandang curug dari kejauhan, karena akses jalan menuju air terjun ini belum tertata dengan baik, hanya jalan setapak yang cukup curam untuk menuju lokasi.(**)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Kenali Curug Gentong Sukabumi Spot Wisata yang Belum Tertata Kenali Curug Gentong Sukabumi Spot Wisata yang Belum Tertata Reviewed by Tatar Sukabumi on Rabu, Desember 26, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads