Header AD

Gempa bumi 7,2 SR, 1 Tewas dan 2 Korban Dievakuasi, Simulasi Tanggap Bencana di RSUD Sekarwangi Cibadak

Simulasi bencana di RSUD Sekarwangi Cibadak / Foto : Isep Panji (5/12/2018)


TatarSukabumi.ID - RSUD Sekarwangi Cibadak bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Pemadam Kebakaran, melakukan kegiatan Pelatihan dan Simulasi Kesiapsiagaan tanggap darurat bencana, digedung tiga lantai RSUD Sekarwangi Cibadak, Rabu (20/12/2018).


Dalam simulasi, terjadi Gempa Bumi berkekuatan 7,2 SR sehingga membuat kepanikan Pasien serta Karyawan RSUD Sekarwangi Cibadak, tercatat 1 Korban tewas sementara 2 lainnya mengalami luka luka dan dievakuasi.


BACA JUGA : Ngeri Wanita Diserang Golok Pemotong Daging oleh Suaminya di Cibadak


Kegiatan ini dilakukan sebagai sarana edukasi bagi petugas medis maupun non medis yang bertujuan untuk melatih seluruh karyawan menghadapi dan melayani pasien dan menjalankan fungsi dan tugasnya dalam situasi kondisi kedaruratan bencana.


Hal lainnya adalah untuk melatih koordinasi antar seluruh, unit dan satuan tugas, mengukur waktu respon pemberian pelayanan dan bantuan medis terhadap pasien, mengevaluasi pedoman Hospital disaster plan serta mengukur kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan tambahan dan fasilitas umum lainnya saat situasi darurat bencana.


BACA JUGA : Sekolah Dasar Negeri Cimanggah 2 Sukabumi Ambruk


Ditemui disela kegiatan, Sarana Prasarana RSUD Sekarwangi Cibadak, Engkus Kusmayadi mengungkapkan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan RSUD Sekarwangi Cibadak.


Sarana Prasarana RSUD Sekarwangi Cibadak, Engkus Kusmayadi 


"Kita harus siap siaga ketika menghadapi bencana, memang prinsipnya mudah mudahan tidak terjadi tapi kita harus siap. Setiap karyawan diharapkan memiliki pengetahuan, skil dan mampu menguasai lapangan jangan sampai mereka panik," ujar Engkus Kusmayadi.


BACA JUGA : Pasang Kontruksi Baja Ringan, Pria Tersengat Listrik Hingga Terbakar


Ditemui dilokasi simulasi, Kepala Seksi Pencegahan BPBD Kabupaten Sukabumi, Nanang Rahmat Sudrajat selaku pemberi materi dalam simulasi ini mengungkapkan pentingnya kesigapan dan tanggap bencana.


Kepala Seksi Pencegahan BPBD Kabupaten Sukabumi, Nanang Rahmat Sudrajat


"Kita telah melakukan kerjasama dengan Pihak RSUD Sekarwangi, kami memberikan pengenalan untuk meningkatkan kemampuan serta meningkatkan kewaspadaan mulai dari sosialisasi, pengenalan SDM, simulasi vertical rescue, untuk tanggap bencana," ungkapnya.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Gempa bumi 7,2 SR, 1 Tewas dan 2 Korban Dievakuasi, Simulasi Tanggap Bencana di RSUD Sekarwangi Cibadak Gempa bumi 7,2 SR, 1 Tewas dan 2 Korban Dievakuasi, Simulasi Tanggap Bencana di RSUD Sekarwangi Cibadak Reviewed by Tatar Sukabumi on Rabu, Desember 05, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads