Header AD

Disbudpora Sukabumi Gandeng Tokoh Seni dan Budayawan Wujudkan Pemajuan Kebudayaan Sunda


TatarSukabumi.ID - Dinas Budaya Pemuda Olahraga (Disbudpora) kabupaten Sukabumi menggelar rapat koordinasi bertajuk Tingkatkan Kerjasama dalam Mewujudkan Pemajuan Kebudayaan Daerah Kabupaten Sukabumi, Rabu [12/12/2018].


Iwan Kustiawan Kepala Disbudpora Kabupaten Sukabumi menjelaskan, kegiatan ini sejalan dengan amanat Undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan kebudayaan dalam rangka melestarikan seni budaya Sunda untuk bisa lebih maju berkembang.


BACA JUGA : Alih-alih atasi Stunting, Puluhan Bocah SDN Bantargebang Keracunan Massal


Menurut Iwan, rakor ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi serta menampung aspirasi pokok pikiran kebudayaan antara pemerintah dan perwakilan masyarakat untuk ikut serta berkontribusi kepada pelestarian seni budaya sunda.


Dengan rakor ini diharapkan terjalin sinergitas antara pemerintah daerah, tokoh seni dan budayawan sehingga nantinya target penyusunan draft rancangan peraturan daerah (Raperda) kebudayaan untuk pelestarian dan pengembangan kebudayaan dan seni budaya.


BACA JUGA : Miris, Perut Bocah 10 Tahun Asal Sukabumi Membuncit


Dalam rakor juga diharapkan dapat terbentuknya suatu wadah organisasi lembaga kebudayaan yang bisa mewadahi semua unsur seni budaya diwilayah kabupaten Sukabumi.


Bentuk program pembangunan Graha Pemuda dan Budaya Kabupaten Sukabumi melalui pembentukan Dewan Kebudayaan sebagai wadah lembaga kebudayaan diharapkan dapat menampung pokok pikiran aspirasi masyarakat dalam bahasa draft materi Raperda Kebudayaan .


BACA JUGA : Polres Sukabumi Kota Raih Penghargaan Sebagai Polres Pelayanan Publik Terbaik 2018 oleh Kemenpan-RB


Dalam rakor ini juga dibahas mengenai himbauan kepada Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi untuk mengenakan pakaian adat dan bahasa Sunda setiap hari Kamis pada minggu pertama setiap bulan.


Dari pantauan TatarSukabumi.ID peserta rakor yang dihadiri 125 peserta terdiri dari unsur Budayawan, praktisi seni budaya, penggiat sosial seni budaya nampak mengenakan baju seni adat sunda lengkap dengan iket khas Sunda.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Disbudpora Sukabumi Gandeng Tokoh Seni dan Budayawan Wujudkan Pemajuan Kebudayaan Sunda Disbudpora Sukabumi Gandeng Tokoh Seni dan Budayawan Wujudkan Pemajuan Kebudayaan Sunda Reviewed by TatarSukabumi.ID on Rabu, Desember 12, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads