Header AD

Desa Cipeteuy Bangun 18 Rutilahu Sepanjang Tahun 2018

18 Rutilahu dibangun di Desa Cipeteuy / Foto : Asep M-Rhe


TatarSukabumi.ID - Sepanjang tahun 2018, Pemerintah Desa Cipeuteuy berhasil menyelesaikan perbaikan 18 unit rumah tidak layak huni (rutilahu) yang tersebar di 6 kadusunan Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi.


Ditemui TatarSukabumi.ID diruang kerjanya, Kepala Urusan Perencanaan Desa Cipeuteuy, Asep Supriyadi, mengatakan bahwa pembangunan rutilahu merupakan salah satu pokus utama Pemdes yang tertuang dalam rencana kerja pemerintah desa (RKPDes) tahun 2018.


"Melalui sumber-sumber pendapatan desa tahun anggaran 2018 pemerintah desa telah mengalokasikan perbaikan beberapa unit rutilahu didesa Cipeuteuy, dengan fokus penerima manfaat adalah warga Lansia dan rumah tangga miskin," ujar Asep, Sabtu (29/12/2018).


BACA JUGA : Marwan Hamami Himbau Tidak Tiup Terompet, Pesta Miras Petasan dan Kembang Api Dimalam Tahun Baru 2019


Skema bantuan perbaikan rutilahu yang diberikan pemerintah desa berbentuk dana stimulan, selanjutnya kepala kadusunan membantu dalam bentuk swadaya bersama warga masyarakat lainnya.


"Pemerintah desa menyadari dengan bantuan yang tak seberapa, namun diharapkan dengan swadaya warga merupakan bentuk kepedulian antar sesama yang selama ini masih terawat dengan baik di wilayah desa Cipeteuy," ujar Asep.


BACA JUGA : Cuaca Ekstrim di Sukabumi, Masyarakat di Bantaran Sungai Tingkatkan Kewaspadaan


Penerima manfaat perbaikan rumah tidak layak huni berdasar dari usulan selektif masyarakat, sesuai dengan rencana kerja pemerintah desa yang telah disepakati dalam musyawarah rencana pembangunan desa tahun 2017 lalu dan direalisasikan di tahun anggaran 2018.


"Data rumah yang akan diperbaiki dalam program rutilahu tersebut merupakan usulan dari para kepala kadusunan. selanjutnya data diverifikasi dan dilakukan pengecekan ke lapangan sebelum direalisasikan," pungkasnya.(*)


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Desa Cipeteuy Bangun 18 Rutilahu Sepanjang Tahun 2018 Desa Cipeteuy Bangun 18 Rutilahu Sepanjang Tahun 2018 Reviewed by TatarSukabumi.ID on Sabtu, Desember 29, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads