Header AD

BNNK Sukabumi Bongkar 4 Jaringan Narkoba Luar Kota dan Lokal, Inilah Program BNNK Sukabumi Sepanjang Tahun 2018

Kepala BNNK Sukabumi AKBP Deni Yus Danial / Foto : Rapik Utama (28/12/2018)


TatarSukabumi.ID - Di penghujung tahun 2018, Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sukabumi telah mengungkap 4 Jaringan Narkotika jenis daun Ganja dan Narkotika jenis Sabu.


2 jaringan pemasok merupakan jaringan Jakarta dan Garut yang merupakan suplier Narkotika jenis daun Ganja dan Sabu ke Sukabumi, dengan 7 tersangka yang berhasil diamankan.


2 Jaringan lainnya diidentifikasi merupakan jaringan lokal (Sukabumi) dengan wilayah peredaran di kawasan Pesisir Pantai dan kawasan wisata Kabupaten Sukabumi.


Saat ini, barang bukti yang berhasil disita berupa daun Ganja sebanyak 2.106,28 Gram dan Sabu sebanyak 22,3087 Gram.


BACA JUGA : Pengacara Kasus Dugaan Korupsi BPNT di Sukabumi Layangkan SP3 ke Kejagung Tembusan Kejari Kabupaten Sukabumi


Tidak hanya pemberantasan Narkoba, sepanjang tahun 2018 BNNK Sukabumi melakukan upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang dilakukan oleh Bidang Pencegahan Dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Sukabumi.


Data yang berhasil dihimpun TatarSukabumi.ID sepanjang tahun 2018, kegiatan bidang pencegahan dan pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan oleh BNNK Sukabumi meliputi advokasi P4GN Terhadap 2.386 masyarakat serta melakukan program Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) P4GN Terhadap 20.025 orang dan program sosialisasi P4GN yang bersinergi dengan instansi lain kepada 29.805 Orang.


Program informasi P4GN dilakukan 63 kali kegiatan sepanjang tahun 2018, serta melakukan diseminasi Informasi P4GN melalui sistem tatap muka terhadap setidaknya 31.375 orang dan diseminasi Informasi melalui sistem mobil sosialisasi kepada 31.375 orang.


Sepanjang tahun 2018, BNNK Sukabumi telah melakukan screning deteksi narkoba (test urine) kepada 1341 orang dan juga berhasil membentuk Relawan Anti Narkoba yang beranggotakan 146 orang, serta 110 penggiat Anti Narkoba di Kabupaten Sukabumi.


BACA JUGA : Pengacara Kasus Dugaan Korupsi BPNT di Sukabumi Layangkan SP3 ke Kejagung Tembusan Kejari Kabupaten Sukabumi


Dalam bidang rehabilitasi pengguna Narkoba, BNNK Sukabumi telah melaksanakan Rehabilitasi terhadap para penyalahguna Narkoba di wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi kepada 70 Residen (penyalahguna Narkoba) di Lembaga Rehabilitasi Komponen Masyarakat (LRKM) dan mengikuti proses rehab rawat jalan.


BNNK juga menemukan 9 residen di Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah (LRIP) dan untuk penyalahgunaan melalui proses TAT ( Tim Assesment terpadu) sebanyak 7 orang Tersangka dengan Rekomendasi Rehabilitasi.


BACA JUGA : Jalur Pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Ditutup


Program unggulan lainnya BNNK Sukabumi telah berhasil melaksanakan program Desa Bersinar (Desa Bersih Narkoba) dan Sekolah Bersih Narkoba yang selaras dan relevan dengan Visi Pembangunan Kabupaten Sukabumi lebih baik yang religius, mandiri dan bersinar (bersih dari Narkoba). 


Tujuan program Desa Bersinar adalah untuk menciptakan Desa yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba dengan melibatkan 3 (Tiga) Pilar plus yaitu Kepala Desa, Babinsa, Babinkamtibmas dan Puskesmas/Pustu.


Aktivitas Desa bersinar dalam Program P4GN diantaranya melakukan Deseminasi informasi KIE P4GN kepada Masyarakat Desa dalam upaya mewujudkan Desa Bersinar, membentuk relawan dan penggiat Anti Narkoba dari unsur Masyarakat Desa, Membentuk Agen Pemulihan yang terdiri dari Babinsa, Babinkamtibmas, Pustu, Bides, Karang Taruna dan bersinergi dengan seluruh komponen yang ada dalam upaya P4GN dan terwujudnya Desa Bersinar.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

BNNK Sukabumi Bongkar 4 Jaringan Narkoba Luar Kota dan Lokal, Inilah Program BNNK Sukabumi Sepanjang Tahun 2018 BNNK Sukabumi Bongkar 4 Jaringan Narkoba Luar Kota dan Lokal, Inilah Program BNNK Sukabumi Sepanjang Tahun 2018 Reviewed by TatarSukabumi.ID on Jumat, Desember 28, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads