Header AD

Berita Hoak Tsunami, Ujunggenteng Nyaris Tak Ada Pengunjung


TatarSukabumi.ID - Pasca bencana Tsunami Selat Sunda, beberapa isu miring dan kabar hoak mengakibatkan sepinya pengunjung dibeberapa destinasi wisata disepanjang Pantai Selatan, Sukabumi - Jawa Barat.


Dampak berita hoak Tsunami ini dirasakan langsung oleh pelaku pegiat wisata dikawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, diantaranya Pantai Ujunggenteng dan Pantai Cibuaya serta beberapa kawasan lainnya.


BACA JUGA : Libur Natal dan Tahun Baru Geopark Ciletuh Diserbu


Tidak hanya foto yang diunggah, belakangan beredar video berdurasi 18 detik tentang isu Tsunami yang diunggah di media sosial Facebook serta menjadi pesan berantai di jejaring perpesanan Whatsapp.


Dalam video yang beredar tersebut, terlihat air laut tumpah ke daratan dan membuat panik warga, serta nampak beberapa orang berlarian sambil memperingatkan warga lain.



Parahnya, dalam keterangan video disebutkan jika kejadian ini terjadi dikawasan Pantai Ujunggenteng, namun nyatanya kejadian tersebut  tidak terjadi dipantai Ujunggenteng.


BACA JUGA : Proses Tol Bocimi Seksi II Cigombong - Cibadak Hari Ini Mulai Digarap


Akibat beredarnya video, kunjungan wisatawan anjlok secara drastis, bahkan beberapa tamu yang telah memesan penginapan, tiba tiba membatalkan bokingan.


Hal tersebut diungkapkan Azam febryan,seorang Tour Guide (Pemandu Wisata) kepada TatarSukabumi.ID, Jumat 28/12/2018).



"Gara gara isu akan terjadi tsunami serta beredarnya video air pasang yang terjadi di Ujunggenteng padahal itu bukan,  membuat tamu takut untuk berkunjung sampai membatalkan bokingan penginapan yang sebelumnya dipesan," ujar Azam, Kamis [27/12/2018].


BACA JUGA : Tukang Pindang Cue Keliling Asal Sukabumi Meninggal Dunia di Bogor


Pengelola penginapan meradang, terlebih pedagang musiman tahunan yang telah mempersiapkan dagangannya untuk musim libur Natal dan Tahun Baru, mendapati kawasan wisata pantai yang nyaris kosong tanpa pengunjung.



"Pantai Ujunggenteng serta Pantai Cibuaya hampir tiap hari pasang, namun tidak sampai jalan raya seperti yang ada di video tersebut, karena disini sudah terbiasa setiap hari air laut pasang dan surut bergantian, namun tidak sampai membahayakan karena sudah terbiasa," jelas Azam.


Sebagai pemandu wisata saya menjamin sepanjang Pantai Ujunggenteng aman bagi pengunjung jangan termakan hoak,  namun harus tetap wasfeada karena bencana tidak ada yang tahu" pungkasnya.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Berita Hoak Tsunami, Ujunggenteng Nyaris Tak Ada Pengunjung Berita Hoak Tsunami, Ujunggenteng Nyaris Tak Ada Pengunjung Reviewed by Tatar Sukabumi on Kamis, Desember 27, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads