Header AD

Aksi Protes Warga 2 Desa Kepada PT SCG, Pasang Tiang Gawang di Tengah Jalan

Aksi Protes warga kepada PT SCG / Foto : Rapik Utama (4/12/2018)


TatarSukabumi.ID - Warga 2 Desa di Kecamatan Gunungguruh Sukabumi melakukan aksi didepan pintu masuk Perusahaan semen asal negara Thailand PT Siam Cement Grup (SCG), di Jalan Palabuhan II Sukabumi, Selasa [4/12/2018].


Aksi puluhan warga Desa Sirnaresmi dan Desa Kebonmangudilakukan dengan cara melakukan pemasangan tiang gawang sepak bola tepat ditengah akses jalan milik perusahaan.


BACA JUGA : Mengejutkan, Pengakuan Blak-blakan Olla Ramlan Jadi Caleg Wakili Sukabumi


Saat dikonfirmasi terkait aksi yang dilakukan warga, salah seorang perwakilan masyarakat kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan jika sebelumnya warga telah mengirim surat beberapa kali kepada Perusahaan untuk meminta fasilitas umum lapangan sepak bola.


Namun hingga saat ini belum ada kesepakatan dengan Pihak Perusahaan sehingga warga melakukan aksi memasang tiang gawang di akses jalan milik perusahaan.


"Kita mengirim surat beberapa kali namun tidak ada tanggapan, lapangan (sepak bola) sempat diukur namun tidak ada kejelasan hingga saat ini. Kita bikin surat lagi, Mereka (Perusahaan) minta waktu 7 hari kerja dan dimediasi oleh pihak Kecamatan namun kembali tidak ada keputusan, lalu Mereka meminta 7 hari untuk merumuskan dengan managemen bahkan kita kasih 14 hari dan belum ada titik temu," Ujar M Fajar Agung warga Kampung Pasirmalang RT 01/RW 14 Desa Kebonmanggu Kecamatan Gunungguruh, Selasa [4/12/2018].


BACA JUGA : Mangkrak 21 Tahun, 1 Desember 2018 Jokowi Resmikan Tol Bocimi


Lebih jauh menurutnya, selaku masyarakat yang berada dalam jangkauan ring satu (terdekat) menagih janji fasilitas umum yang Perusahaan janjikan.


"Mereka pernah janjikan penggantian lapangan yang awal berlokasi diatas, di Kampung Tanjungsari, kenapa kita minta lahan disitu karena waktu dijabat oleh bagian CSR  Adi, lahan itu untuk fasilitas umum, tapi sekarang dengan alasan mereka lahan itu milik PT Semen Lebak, kan kita tidak tahu menahu," tutur Fajar.


Fajar atas nama perwakilan masyarakat akan terus menggelar aksi hingga tuntutannya terpenuhi, "Kalau misalkan tidak ada tanggapan ya kita akan aksi terus," ungkapnya.


BACA JUGA : 7 Rahasia Adul, Bocah Berkebutuhan Khusus yang Viral hingga di Gendong Jokowi


Ditemui dilokasi aksi, Kapolsek Gunungguruh Iptu Wahyudi mengungkapkan permasalahan serta tuntutan warga dalam aksi ini.


"Untuk aksi kali ini mengenai permintaan masyarakat, untuk sarana umum lapangan sepak bola, kemarin sebenarnya SCG merespon cuma mungkin masyarakat belum bisa menerima untuk lokasi," ujar Iptu Wahyudi.


BACA JUGA : Alih-alih atasi Stunting, Puluhan Bocah SDN Bantargebang Keracunan Massal


Sempat terjadi pertemuan antara Pihak Perusahaan dengan warga, Perusahaan ingin memaksimalkan lapangan yang telah ada yang berjarak 100 meter dari jalan utama namun warga menolak dengan alasan menginginkan lahan dengan akses yang mudah dijangkau (pinggir jalan utama), beber Kapolsek.


"Managemen menyikapi, bahwa boleh supaya gampang aksesnya SCG akan membuat jalan, dan belum ada titik temu, akhirnya sudah 3 kali mau demo kita pending dengan mediasi, dan akhirnya hari ini sudah tidak bisa dibendung lagi dan aksi terjadi," jelas Iptu Wahyudi.


Hingga berita ini ditayangkan belum ada tanggapan resmi dari pihak perusahaan terkait aksi ini.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Aksi Protes Warga 2 Desa Kepada PT SCG, Pasang Tiang Gawang di Tengah Jalan Aksi Protes Warga 2 Desa Kepada PT SCG, Pasang Tiang Gawang di Tengah Jalan Reviewed by Tatar Sukabumi on Selasa, Desember 04, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads