Header AD

7 Peristiwa Penting Bersejarah dan Momen Tak Terlupakan di Sukabumi Sepanjang Tahun 2018


TatarSukabumi.ID - Beragam peristiwa bersejarah di Sukabumi terjadi sepanjang tahun 2018.


Peristiwa ini merupakan peristiwa besar yang perlu untuk selalu diingat dan menjadi sejarah bagi Sukabumi.


Berikut ini adalah 7 hal penting yang berhasil dirangkum TatarSukabumi.ID sebagai momen terbaik sepanjang tahun 2018 di Sukabumi.


BACA JUGA : Wajib Tahu! Seperti Ini Status Vulkanik Gunung Salak yang Masih Aktif


1. Suspension Bridge

Digadang gadang sebagai Jembatan terpanjang di Asia, Suspension Bridge (Jembatan Gantung) memiliki panjang 243 meter yang melintang diatas ketinggian jurang setinggi 220 meter diatas permukaan tanah.


Berada di Taman Nasional Gede Pangrango ditengah Hutan Damar yang berada diketinggian 850 meter diatas permukaan laut (mdpl) tepatnya di Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat.


2. Bus Maut Cikidang

Kecelakaan Bus pariwisata maut hingga menewaskan 21 penumpang dan 16 orang lainnya mengalami luka luka terjadi di Jalur Alternatif Palabuhanratu - Cikidang, pada 8 September 2018 menjadi sorotan berbagai kalangan.


BACA JUGA : Wajib Tahu! Seperti Ini Status Vulkanik Gunung Salak yang Masih Aktif


Lokasi insiden yang berada di Kampung Bantarselang, Desa Cikidang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi disebut sebagai tanjakan Leter S.


Insiden ini tercatat sebagai insiden terburuk sepanjang sejarah kecelakaan lalu lintas di Sukabumi.


3. Bus Damri Sukabumi - Soeta

Perum (Perusahaan Umum) DAMRI meresmikan trayek baru dengan rute Sukabumi - Bandar Udara Soekarno Hatta sejak Senin 24 September 2018 hadir melayani Warga Sukabumi dan sekitarnya Dengan Trayek Sukabumi - Bandara Soekarno Hatta dengan Tarif 100 ribu pertrip.


Angkutan Damri berikut rute Bus Damri Sukabumi - Bandara Soeta :
Pool Damri Sukabumi - Jl Raya Cipelang - Jl Lingkar selatan - Jl Raya Sukabumi - Bogor - Ciawi - Tol Jagorawi - Tol Sedyatmo - Bandara Soekarno Hatta.


4. Bandara di Sukabumi

Setelah proyek Jalan Tol Bocimi (Bogor-Ciawi-Sukabumi), akses jalan Kereta Api double track yang mulai digarap, hal lain yang menjadi sejarah adalah Bandara Sukabumi yang juga mulai dipersiapkan di tahun 2018.


BACA JUGA : Waspada Pergerakan Tanah di Wilayah Kabupaten dan Kota Sukabumi


Dipastikan Bandara ini akan dibangun di wilayah Cikembar Kabupaten Sukabumi.

Dengan penetapan ini, maka dalam waktu dekat, masyarakat Sukabumi akan memiliki Bandara yang rencananya pada tahun 2021 akan akan mulai beroperasi.


5. Hari Jadi Kabupaten Sukabumi

Naskah akademis pengusulan ulang hari jadi (HUT) Kabupaten Sukabumi yang biasa diperingati setiap 1 Oktober setiap tahunnya mulai 2019 mendatang berganti.


Hari jadi kabupaten Sukabumi yang awalnya jatuh pada 1 Oktober 1945 namun dari hasil penelusuran didukung bukti bukti sejarah maka sejak tahun depan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi menjadi tanggal 10 September.


6. Pemasangan Roller Barrier Guardrail Pertama di Indonesia

Pemasangan Roller Barrier (pembatas jalan berbentuk silinder) dipasang di penghujung tahun 2018 di jalur rawan kecelakaan dikawasan letter S Kampung Bantarselang, Desa Cikidang, Kecamatan Cikidang Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.


BACA JUGA : Berita Hoak Tsunami, Ujunggenteng Nyaris Tak Ada Pengunjung


Pagar pengaman jalan Guardrail dan Roller Barrier (sistem silinder) teknologi dari Korea ini dipasang sepanjang 60 meter dan digadang gadang sebagai yang pertama di Indonesia.


Upaya ini dilakukan untuk mengurangi tingkat kecelakaan di ruas jalur Leter S Cikidang, setelah sebelumnya, dilokasi Leter S sempat terjadi kecelakaan Bus maut hingga menelan 21 korban jiwa serta belasan korban luka.


7. Tol Bocimi dibuka dipenghujung tahun 2018

Prosesi peresmian jalan tol Seksi I sepanjang 15,35  KM dari total keseluruhan panjang 54 KM secara resmi diresmikan Presiden Joko Widodo.


Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) Seksi I Ciawi - Cigombong (Sta 15+000) ini resmi dibuka Jokowi pada Sabtu 1 Desember 2018.


Dengan demikian, Proses pengerjaan Tol Bocimi Seksi II Cigombong - Cibadak sejak akhir Desember 2018 mulai dikerjakan.


BACA JUGA : Jalur Pendakian Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Ditutup


Itulah 7 kejadian penting di Sukabumi sepanjang tahun 2018 yang berhasil dihimpun TatarSukabumi.ID (**)


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

7 Peristiwa Penting Bersejarah dan Momen Tak Terlupakan di Sukabumi Sepanjang Tahun 2018 7 Peristiwa Penting Bersejarah dan Momen Tak Terlupakan di Sukabumi Sepanjang Tahun 2018 Reviewed by Tatar Sukabumi on Senin, Desember 31, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads