Header AD

2 Dusun Terpelosok di Jampang Tengah Sukabumi Seolah Terisolir

Kondisi jalan Dusun terpelosok di Kecamatan Jampang Tengah Sukabumi / Foto : Rudi Imelda (26/12/2018)


TatarSukabumi.ID - Warga Dusun Cibungur dan Dusun Ciganda yang berada di Desa Bantaragung Kecamatan Jampangtengah Sukabumi mengaku merasa terisolir.


Hal ini akibat infrastruktur jalan yang kondisinya tidak layak untuk dilalui warga dalam beraktifitas menuju pusat pemerintahan.


BACA JUGA : Mulai Desember 2018 Jamkesda di Sukabumi Tidak Berlaku


Warga Dusun Cibungur dan Ciganda dengan jumlah penduduk tercatat sedikitnya 934 Keluarga (KK) merupakan dusun paling terpelosok dengan geografis wilayah yang terpotong hutan (perhutani).


Akses jalan utama mengharuskan warga memutar dengan akses jalan batu,  sehingga warga kedua Dusun memilih memanpaatkan akses jalan terdekat yakni melalu jalan Cidangder yang berada di Desa tetangga.


Namun, Akses Jalan Cidangder yang terletak di Desa Cilangkap Kecamatan Lengkong berbatasan Dengan Desa Bantaragung Kecamatan Jampangtengah juga mengalami kondisi yang cukup memprihatinkan.


BACA JUGA : Giliran Kades di-2 Kecamatan Sukabumi,  Dipanggil Kejari Terkait Dugaan Korupsi Beras BPNT


Kepala Dusun Cibungur Budi Supriatna Kepada TatarSukabumi.ID mengungkapkan warganya terpaksa memanpaatkan akses jalan Cidangder karena akses jalan ini merupakan jalan terdekat untuk menuju pusat pemerintahan dan pendidikan serta akses mobilitas perekonomian warga setempat.



"Jalan yang biasa kami lalui keadaannya cukup memperihatinkan, kondisi jalan masih tanah merah, jika hujan sulit dilalui, aktifitas warga terhambat, mulai dari perekonomian, pendidikan hingga membawa hasil tani ke kota, terlebih jika ada orang sakit, warga dengan susah payah pergi melintasi jalan tersebut denga cara ditandu," ujar Budi, Rabu [26/12/2018].


BACA JUGA : Perubahan Rancangan Runaway dan Luas Lahan Bandara Sukabumi, Ikral : Kita Berharap Bandara Didarati Pesawat Jenis Air Bus


Kondisi Jalan yang belum dibangun mencapai 1 kilometer warga secara swadaya setiap jumat melakukan kerja bakti untuk membuka jalan.


"Semoga saja pihak terkait dapat  segera membangun jalan tersebut, juga dua jembatan yang biasa kami lalui demi menunjang segala aspek kehidupan," harapnya.(**)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

2 Dusun Terpelosok di Jampang Tengah Sukabumi Seolah Terisolir 2 Dusun Terpelosok di Jampang Tengah Sukabumi Seolah Terisolir Reviewed by Tatar Sukabumi on Rabu, Desember 26, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads