Header AD

Tidak Punya Jembatan, Warga 2 Kecamatan di Sukabumi Lintasi Sungai Menggunakan Rakit

Akses rakit warga dua kecamatan di sukabumi / Foto : Rudi Imelda


TatarSukabumi.ID -  Warga dua Desa yang terletak didua Kecamatan yang berbeda terpaksa menggunakan rakit bambu untuk bisa menyebrangi Sungai Cikaso meski beresiko cukup tinggi.


Hal ini terpaksa dilakukan warga Kampung Batu Nunggul RT 06/01 Desa Cibadak - Kecamatan Pabuaran dan warga Kampung Muara Cibaregbeg, Desa Hegarmanah - Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat.


BACA JUGA : Driver Grab di Begal, Mobil Dibuang di Kebun Sawit Sukabumi


Sejak puluhan tahun lalu masyarakat kedua Kecamtan yang wilayahnya terpotong Sungai Cikaso, memilih menyeberangi sungai untuk berinteraksi karena hal ini merupakan akses terdekat menuju pusat pendidikan, perekonomian serta pusat pemerintahan.


Sekretaris Desa Cibadak, Munir kepada TatarSukabumi.ID mengatakan jika sejak puluhan tahun warga setempat mengakses rakit bambu karena tidak memiliki jembatan.


BACA JUGA : Longsor Nyaris Putus Akses Jalan di Sukabumi


"Sejak nenek moyang kami dulu, Masyarakat sekitar menggunakan rakit untuk menyebrangi sungai cikaso yang berjarak 100 meter dengan kedalaman sekitar 5 meter," ujar Munir Jumat [30/11/18].


Akses sungai digunakan setiap hari oleh kedua belah pihak masyarakat, baik oleh para petani yang masing-masing memiliki lahan ladang dan pesawahan, serta jalur akses kegiatan ekonomi sebagai sarana untuk membawa hasil pertanian dan menuju sarana pusat kesehatan, terutama bagi siswa-siswi sekolah  demi menuju tempat pendidikan.


BACA JUGA : Pohon Tumbang Putus Aliran Listrik ke Jampang, 4 Gardu Listrik Rusak


Untuk menuju sekolah Dasar diperkirakan mencapai 5 KM dengan akses jalan  alternatif yang kondisinya cukup mengkhawatirkan, melewati hutan serta perkebunan, "jarak terdekat melalui jalur sungai bisa memotong hanya kurang dari 1 KM, mamun beresiko karena menggunakan rakit," ujar Sekdes.


"Kami berharap adanya bantuan pemerintah atau dinas terkait guna membangun jembatan yang menghubungkan dua kecamatan tersebut antara kecamatan sagaranten dan kecamatan pabuaran, untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan semua warga yang ada disekitarnya." harapnya.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Tidak Punya Jembatan, Warga 2 Kecamatan di Sukabumi Lintasi Sungai Menggunakan Rakit Tidak Punya Jembatan, Warga 2 Kecamatan di Sukabumi Lintasi Sungai Menggunakan Rakit Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, November 30, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads