Header AD

Puskesmas Dengan Kinerja Terbaik Terima Penghargaan Bupati Sukabumi di HKN ke-54

Bupati Sukabumi Marwan Hamami /Foto ; Istimewa (18/11/2018)


TatarSukabumi.ID - Peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-54 Tahun 2018 tingkat Kabupaten Sukabumi, dilangsungkan di Lapang Cangehgar Palabuhanratu, Sukabumi, Minggu (18/11/2018).


Pada kesempatan tersebut Bupati Sukabumi didampingi Sekda dan Kadis Kesehatan menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Puskesmas yang telah melaksanakan kinerja terbaiknya, serta pelaku dunia usaha yang telah berpartisipasi aktif dalam pembangunan kesehatan di Sukabumi.


Acara juga diisi dengan lomba pidato PHBS serta penyerahan kursi roda bagi penyandang disabilitas.


BACA JUGA : Bupati Sukabumi Tegaskan Kades Jangan Pakai Dana Desa Seolah Uang Pribadi


Bupati Sukabumi Marwan Hamami membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek mengatakan, Peringatan HKN ke-54 merupakan  momentum yang baik untuk mengingatkan bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud, apabila semua komponen bangsa berperan serta dalam upaya kesehatan dengan memprioritaskan promotive-preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif.


Selanjutnya, Mengubah pola hidup kearah promotive - preventif dengan menekankan pada perilaku hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri, merupakan salah satu upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hidup sehat.


Selanjutnya dikatakan, Meningkatkan kesadaran masyarakat berperilaku hidup sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) telah diprakarsai oleh Presiden RI menjadi suatu Gerakan Nasional yang tertuang dalam Inpres No.1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.


BACA JUGA : Jalan Penghubung 3 Desa di Kecamatan Nagrak Sukabumi Rusak


Dimana Pemerintah pada tahun 2017 dalam rangka  meningkatkan mutu layanan telah meningkatkan sarana dan prasarana pada fasilitas tingkat pertama sebanyak 375 rehabilitasi Puskesmas, 35 pembangunan Gedung, 750 pembangunan baru Puskesmas, 34 Unit Puskesmas keliling perairan, 537 Unit Puskesmas keliling roda empat, Penyediaan 1.650 Unit ambulans roda dua, 86 Unit ambulans roda empat, dan 2.525 peningkatan sarana dan prasarana Puskesmas, serta 10.437 penyediaan alat kesehatan di Puskesmas.


Saat ini untuk fasilitas kesehatan tingkat rujukan telah terdapat 104 rumah sakit rujukan regional, 20 RS rujukan propinsi, 4 RS rujukan Nasional, dan 408 RSUD lainnya.


BACA JUGA : P 21 Berkas Lengkap, Sopir Bus Maut Cikidang Segera Diadili


Lebih lanjut Menteri Kesehatan mengajak seluruh insan kesehatan baik dijajaran Kementerian Kesehatan maupun ditingkat daerah agar menjadikan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 sebagai momentum untuk merefleksikan kembali sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan serta sejauh mana keberhasilan sektor kesehatan dalam melibatkan semua unsur.


Oleh karena nya Pemerintah  memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya Program kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor, akademisi, kepala daerah, pelaku usaha, organisasi masyarakat dan lain-lain, sehingga dimasa yang akan datang pembangunan kesehatan akan terus mengalami kemajuan serta dapat menghasilkan Sumber Daya Manusia Indonesia yang sehat dan mampu.


Sementara Kepala Dinas Kesehatan Didi Supardi, menyampaikan kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 54 Tingkat kabupaten Sukabumi diikuti oleh seluruh Puskesmas se kabupaten Sukabumi, dengan tujuan tersosialisasinya program kesehatan sebagai upaya mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya melalui peran serta semua komponen masyarakat.(*)


Sumber : Humas
Editor : Dian Syahputra Pasi

Puskesmas Dengan Kinerja Terbaik Terima Penghargaan Bupati Sukabumi di HKN ke-54 Puskesmas Dengan Kinerja Terbaik Terima Penghargaan Bupati Sukabumi di HKN ke-54 Reviewed by Tatar Sukabumi on Minggu, November 18, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads