Header AD

Pohon Tumbang Putus Aliran Listrik ke Jampang, 4 Gardu Listrik Rusak

pohon tumbang timpa kabel jaringan SUTM PLN, hingga mengakibatkan pasokan listrik ke beberapa daerah Jampang padam/ Foto : Rudi Imelda (28/11/2018)


TatarSukabumi.ID -  Sebuah pohon besar tumbang melintang di jalan Palabuhanratu - Jampang, tepat dikawasan Perhutani, Ciletuh, Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi - Jawa barat, sekira pukul 11.00 WIB, Rabu (28/11/2018).


Tidak hanya menutup akses jalan, batang pohon tumbang sempat menimpa kabel jaringan SUTM PLN, hingga mengakibatkan pasokan listrik ke beberapa daerah Jampang sempat padam.


BACA JUGA : Driver Grab di Begal, Mobil Dibuang di Kebun Sawit Sukabumi


Insiden terjadi diduga akibat pohon yang telah lapuk keropos hingga tidak kuat menahan terjangan angin dan hujan yang dalam sepekan terakhir cukup ekstrim.


Meski tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, namun sempat terjadi kacetan dari kedua arah, pengguna jalan langsung mengevakuasi pohon yang melintang memotong jalan.


BACA JUGA : Cuaca Ekstrim dan Angin Puting Beliung, Puluhan Hektare Areal Pertanian di Kabandungan Terancam


Dari pantauan TatarSukabumi.ID, beberapa unit kendaraan PLN diturunkan, belasan personel PLN melakukan perbaikan jaringan listrik yang sempat tertimpa pohon.


Firga Firgais selaku Supervisor Tehnik Lapangan PLN UPJ Palabuhanratu kepada TatarSukabumi.ID mengatakan pihaknya tengah berupaya melakukan upaya perbaikan akibat pohon tumbang.


"Saya terima laporan warga sekira pukul 11.00 WIB, lalu dicek kelapangan ternyata jaringan kabel SUTM melorot dan merusak beberapa isolator, yang terganggu sekitar 6 gawang mengalami gangguan akibat tertimpa pohon yang mati serta keropos," ujar Firga dilokasi kejadian, Rabu [28/11/2018].


BACA JUGA : Serang Warga, 6 Anggota Geng Motor Diamankan Polisi di Sukabumi


Menurut Firga Firgais aliran listrik yang mengalami gangguan meliputi 4 gardu diwilayah Ciletuh, Kebon Kacang, Bojongpari dan Cibinong - Waluran.


"Kami sudah mengerahkan personel dari beberapa unit, meliputi Unit jampang, Kalibunder, Kiaradua, serta Palabuhanratu, guna mempercepat perbaikan," tandasnya.


BACA JUGA : Kata - kata Terakhir Santri Sukabumi Korban Pick up Maut di Tangerang


Permohonan maaf kami sampaikan kepada pelanggan PLN yang merasakan padam akibat terjadinya gangguan yang terjadi di daerah ciletuh yang disebabkan tertimpanya kabel SUTM oleh pohon tumbang, kami usahakan untuk perbaikan dan penormalan secepatnya.


Ditempat sama Muhammad Reza saksi mata kejadian mengungkapkan, "Kejadiannya sekira pukul 11.00 WIB, pas saya melintas beberapa detik kemudian terdengar suara dentuman yang lumayan keras, lalu melihat kabel jaringan listrik PLN bergoyang, dikira ada gempa atau apa, ternyata kabel tertimpa pohon tumbang," ungkapnya.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Pohon Tumbang Putus Aliran Listrik ke Jampang, 4 Gardu Listrik Rusak Pohon Tumbang Putus Aliran Listrik ke Jampang, 4 Gardu Listrik Rusak Reviewed by Tatar Sukabumi on Rabu, November 28, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads