Header AD

Peringatan Dini Gelombang Laut 1 Hingga 2.5 Meter

Pantai Palabuhanratu - Sukabumi, Foto Ilustrasi-Rudi Imelda


TatarSukabumi.ID - Warga Masyarakat dan Nelayan yang berada disepanjang pesisir barat Sumatra, Selatan Jawa, Bali, NTB, NTT, diharap waspada akan potensi gelombang tinggi, yang dirilis oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Senin [19/11/ 2018].


Seperti dikutip TatarSukabumi.ID dalam rilis BMKG menyatakan, terdapat Tropical Depression (Toraji) 1008 hPa di Laut Cina Selatan bagian selatan Vietnam dan Tropical Depression 1002 hPa di Laut Filipina yang berpengaruh pada peningkatan kecepatan angin hingga 46 km/jam di Perairan utara dan timur Kepulauan Talaud, Perairan utara Halmahera, Perairan utara Papua Barat hingga Papua, Samudra Pasifik utara Halmahera hingga Papua.


BACA JUGA : Cuaca Ekstrim dan Angin Puting Beliung, Puluhan Hektare Areal Pertanian di Kabandungan Terancam


Angin timuran yang cukup konsisten dengan kecepatan 27 km/jam terdapat di Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan dan Perairan selatan Banten, Perairan Jabar Selatan.


Tinggi gelombang diperkirakan mencapai 1.25 - 2.50 m (Moderate) sehingga peringatan dini akan gelombang tinggi berlaku hingga Kamis (22/11/2018) mendatang.


BACA JUGA : Tanah Longsor Putus Aliran Irigasi Desa Bojonggaling Sukabumi


Ketua Forum Koordinasi SAR Daerah Kabupaten Sukabumi, Okih Fajri kepada TatarSukabumi.ID mengatakan, Nelayan diharapkan waspada dan mengutamakan keselamatan dengan adanya peringatan dini gelombang tinggi yang dirilis BMKG tersebut.


"Para nelayan diharap memperhatikan risiko tinggi serta keselamatan dalam pelayaran atau melaut agar tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan, atas potensi gelombang tinggi tersebut," ujar Okih Fajri, Senin [19/11/2018].


BACA JUGA : Bisnis Esek - esek Online di Sukabumi, Polisi Tangkap Pemilik Akun Twitter Escort 0266 ke2


Saran Keselamatan harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, untuk Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang diatas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).


Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di pesisir barat Sumatra, selatan Jawa, Bali, NTB, NTT, serta daerah lainnya harap mempertimbangkan kondisi tersebut.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Peringatan Dini Gelombang Laut 1 Hingga 2.5 Meter Peringatan Dini Gelombang Laut 1  Hingga 2.5 Meter Reviewed by Tatar Sukabumi on Selasa, November 20, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads