Header AD

Jelang UN, Disdik Kabupaten Sukabumi Himbau Sekolah Lakukan Proses Perbaikan Dapodik

Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi himpau sekolah lakukan proses ulang Dapodik


TatarSukabumi.ID - Pelaksanaan apel dilingkup Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dipimpin Ateng Tresnadi kepala seksi kurikulum SMP dan diikuti 27 Staff dilaksanakan dihalaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Rabu [21/11/2018].


Dalam apel Ateng Tresnadi menjelaskan materi pemahaman jelang Ujian Nasional (UN) tingkat SLTP serta target kementrian Pendidikan Republik Indonesia.


BACA JUGA : Bejad, Oknum Guru Diduga Lakukan Pelecehan kepada Bocah SD di Sukabumi


"Kita jalankan progres sesuai dari pusat saja, sekarang itu sedang pendataan ujian nasional tingkat SLTP melalui Dapodik (Data Pokok Pendidikan)," ujar Ateng Tresnadi, Rabu [21/11/2018].


Menurut Ateng bila data Dapodik mengalami kesalahan, maka dilaksanakan sistem verpal PD (Sistem merevisi data peserta didik) yang dilakukan oleh pihak sekolah.


"Jika ada perbaikan yang approve itu operator kabupaten, setelah selesai datanya di download dalam file DZ, nanti diserahkan kedinas pendidikan kabupaten Sukabumi, lalu nanti diupload
masuk ke web PDUN (Peserta Didik Ujian Nasional), dari PDUN selanjutnya pelajar sudah jadi data peserta ujian nasional," beber kepala seksi kurikulum SMP Kabupaten Sukabumi.


BACA JUGA : Gaji Guru Honorer Sukabumi, Ketua DPRD : Berapa Milyar yang Akan Dibutuhkan Kita Setujui


Beberapa kendala mewarnai data dapodik pada tahun ajaran 2017 diantaranya kendala pendataan siswa perbaikan melalui verpal PD yang tidak tepat waktu mengakibatkan data di ijazah berbeda dengan Dapodik.


Untuk mengantisipasi kejadian serupa dinas pendidikan telah mengintruksikan setiap sekolah untuk melakukan proses perbaikan jauh hari menjelang UN.


"Jadi kalau sekarang kita sudah dari jauh-jauh hari menginstruksikan setiap sekolah untuk segera melakukan proses perbaikan data dapodik, karena data-data di dapodik itulah yang dijadikan data untuk calon peserta ujian nasional," jelasnya.


BACA JUGA : 7 Fakta Bisnis Prostitusi Online di Sukabumi Nomor 6 Gak Kebayang


Untuk pelaksanaan Ujian Nasional tahun ajaran 2018 - 2019 akan dilaksanakan pada bulan April / Mei 2019, dengan jumlah peserta UN tingkat SLTP se-Kabupaten Sukabumi berkisar 28 ribu peserta didik.


Dengan mekanisme UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer ) kebocoran soal ujian dipastikan tidak akan terjadi, "karena soal baru muncul setelah ada sinkronisasi pada hari pelaksanaan ujian, sedangkan ujian yang gunakan lembar kertas sudah jelas mekanismenya," tandasnya.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Jelang UN, Disdik Kabupaten Sukabumi Himbau Sekolah Lakukan Proses Perbaikan Dapodik Jelang UN, Disdik Kabupaten Sukabumi Himbau Sekolah Lakukan Proses Perbaikan Dapodik Reviewed by Tatar Sukabumi on Rabu, November 21, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads