Header AD

Jalan Penghubung 3 Desa di Nagrak di Portal, Warga Pemilik Kendaraan Dikutip Uang Bulanan

Jalan desa di Portal warga dipungut 50-80 ribu setiap bulannya /Foto : Dian Syahputra Pasi


TatarSukabumi.ID - Sebuah portal berdiri diakses pintu masuk Jalan penghubung 3 Desa di Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi - Jawa barat, Sabtu [17/11/2018].


Portal berdiri dikawasan Kampung Paragajen Desa Nagrak Selatan, tepat sebagai pintu masuk akses jalan yang membelah sekaligus menjadi batas pemisah kawasan Desa Nagrak Selatan yang tepat bersebarangan dengan Nagrak Utara sekaligus akses vital jalan penghubung menuju Desa Babakan.


BACA JUGA : Jalan Penghubung 3 Desa di Kecamatan Nagrak Sukabumi Rusak


Keberadaan Portal dirasakan merugikan bagi beberapa warga 3 Desa diwilayah Kecamatan Nagrak ini.


Pasalnya, beberapa warga pemilik kendaraan roda empat kepada TatarSukabumi.ID mengaku harus membayar sejumlah uang setiap bulannya.


"Alasannya untuk perbaikan jalan, untuk macam macam lah, tapi buktinya jalan rusak, biasanya ditagih ke rumah rumah, kutipkannya variatif kisaran 50,60 bahkan sampai 80 ribu perbulan," ujar warga yang takut jika namanya dituliskan.


BACA JUGA : Bupati Sukabumi Tegaskan Kades Jangan Pakai Dana Desa Seolah Uang Pribadi


Beberapa warga menilai kutipan tersebut merupakan pungutan liar yang tidak ada dasar hukumnya dari pemerintahan Desa setempat.


Saat dikonfirmasi terkait permasalahan ini, Camat Nagrak, Kurnia dalam aplikasi perpesanan whatsapp kepada TatarSukabumi.ID mengungkapkan, "Terkait portal silahkan konfirmasi kepada pengelola dan desa, dasar hukumnya dan lain lainnya," ujar singkat Kurnia.


BACA JUGA : P 21 Berkas Lengkap, Sopir Bus Maut Cikidang Segera Diadili


Sementara itu, Kepala Desa Nagrak Selatan Tutang membenarkan keberadaan Portal jalan yang ada diwilayahnya, "Status jalan itu masuk kedalam Jalan Poros Desa yang menghubungkan 3 desa,  yaitu Nagrak Selatan, Nagrak Utara dan Babakanpanjang. Secara Administrasi masuk wilayah Nagrak Selatan," ujar Tutang, Minggu [18/11/2018].


Menurut Tutang, Portal tersebut dikelola oleh Tukang Ojek diwilayah Kampung Paragajen, dan menurut Tutang Portal tersebut menyalahi aturan dan dirinya akan mencabut keberadaan Portal di wilayahnya.


BACA JUGA : Jalan Penghubung 3 Desa di Kecamatan Nagrak Sukabumi Rusak


Kondisi jalan poros tiga desa tersebut mengalami kerusakan yang cukup mengkhawatirkan, Pihak Kecamatan Nagrak akan melakukan upaya perbaikan dalam waktu dekat, "Yang jelas Portal itu dibuat dan dibangun tanpa seizin Pemdes Nagrak Selatan, termasuk pengelolaan uangnya pun tidak pernah satu rupiah pun masuk ke kas desa,  itu murni inisiatif mereka dengan tujuan uang penghasilan portal untuk perbaikan jalan," tandasnya. (*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Jalan Penghubung 3 Desa di Nagrak di Portal, Warga Pemilik Kendaraan Dikutip Uang Bulanan Jalan Penghubung 3 Desa di Nagrak di Portal, Warga Pemilik Kendaraan Dikutip Uang Bulanan Reviewed by Tatar Sukabumi on Minggu, November 18, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads