Header AD

IVA Test Pencegahan Dini Kanker Serviks di Sundawenang

Pencegahan dini Kanker Serviks IVA Test / Foto : Isep Panji


TatarSukabumi.ID - Deteksi dini kanker serviks (Inspeksi Visual Asetat / IVA test) digelar Pemerintahan Desa Sundawenang bekerjasama dengan Posyandu dan Puskesmas Parungkuda bagi Masyarakat.


Setidaknya 60 Kader Posyandu dan Masyarakat Desa Sundawenang melaksanakan IVA test yakni pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi secara dini kanker leher rahim dan skrining alternatife dari pap smear yang dilaksanakan di Aula Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda, Sukabumi.


BACA JUGA : UU Ruzhanul Ulum Datangi Sukabumi, Adjo Sardjono Berharap Percepatan Tol Bocimi dan Double Track


Dari seluruh peserta, hasil pemeriksaan terdapat seorang ibu yang terdeteksi memiliki benjolan pada bagian tubuhnya.


Hal tersebut diungkap Eneng Arum Puspita selaku Bidan Koordinator Puskesmas Parungkuda Kepada TatarSukabumi.ID saat ditemui dilokasi IVA test.


"Pasien nantinya akan kita dampingi dan akan kita rujuk ke RSUD Sekarwangi Cibadak untuk pemeriksaan lebih lanjut," ungkap Eneng Arum Puspita, Kamis [29/11/2018].


BACA JUGA : 1 dari 100 Perempuan Indonesia Usia diatas 5 Tahun Perokok


Lebih jauh menurut Eneng, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan kepada Kader Posyandu di 23 ke-RWan Desa Sundawenang sebagai salah satu program pemerintah terhadap pencegahan dini kanker serviks, "Mudah mudahan nantinya pasien sembuh setelah pengobatan ini," tandasnya.


Sementara itu, Kepala Desa Sundawenang, Wahid menegaskan kegiatan IVA test untuk mewujudkan Desa Sundawenang bebas dari Kanker Serviks.


BACA JUGA : Kadisdik Sukabumi : Profesionalisme dan Integritas Guru Dalam Revolusi Industri 4.0


Menurut Wahid, saat ini Desa Sundawenang memiliki 13 Posyandu dari 23 ke-RWan, kegiatan ini merupakan pertemuan rutin setiap 3 bulan.


"Masyarakat cukup antusias, dalam kegiatan ini sekaligus sosialisasi serta pemasangan KB Inplan dan IUD," ungkapnya.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

IVA Test Pencegahan Dini Kanker Serviks di Sundawenang IVA Test Pencegahan Dini Kanker Serviks di Sundawenang Reviewed by Tatar Sukabumi on Kamis, November 29, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads