Header AD

Gegara Jalan Rusak Ongkos Ojek di Bantargadung 50 Ribu Sekali Jalan

Kondisi jalan rusak di Sukabumi / Foto : Rudi Imelda (7/11/2018)


TatarSukabumi.id - Jalan penghubung tiga Desa, Mangunjaya, Buanajaya, dan Desa Bojongsari Kecamatan Bantargadung berbatasan dengan Desa / Kecamatan Warungkiara, sekaligus berbatasan dengan Desa Bumisari Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi rusak.


Hal ini menuai beragam keluhan warga  yang mengeluhkan rusaknya infrastruktur jalan sebagai akses vital perekonomian bagi warga sekitar.


Warga mengaku kesulitan dalam beraktifitas, karena akses jalan ini sebagai satu-satunya jalan alternatif menuju sarana pendidikan, pusat pemerintahan maupun pusat perekonomian.


BACA JUGA : Bupati Sukabumi Tegaskan Kades Jangan Pakai Dana Desa Seolah Uang Pribadi


Hal tersebut diungkap Rien Indria (23) Warga Buanajaya, menurutnya untuk menuju sarana pendidikan pelajar terpaksa rela menempuh jalan rusak dan licin yang berjarak cukup jauh, "untuk menuju sarana pendidikan, butuh perjuangan ektra dengan kondisi jalan yang seolah dibiarkan rusak," ujar Rien Rabu [07/11/18].


Lebih jauh Rien menuturkan, Pelajar di Desa Buanajaya yang bersekolah di Warungkiara kadang bolos sekolah akibat terkendala jalan yang sulit dilalui dimusim penghujan, "terlebih kalau ada yang mau melahirkan ke puskesmas saja jauh, ada juga disini pustu yang agak dekat tapi terkadang bidannya suka tidak ada," keluh Rien.


Masyarakat setempat mengeluhkan ongkos angkutan, menurut Rien ongkos dari Desa Buanajaya menuju Warungkiara berkisar 50 ribu rupiah sekali jalan.


BACA JUGA : Tanggulangi Kemiskinan, Wabup Sukabumi : Jalan Kabupaten dan Jalan Desa Harus Dibangun Terus


Hal senada diungkap Geri Nugraha (30) Warag Kampung Cipanengah Desa Buanajaya, menurutnya Jalan yang membentang sepanjang kurang lebih 12 KM  dan membentang sebuah jembatan dengan kondisi membahayakan merupakan jalur alternatif antara Desa Mangunjaya Kecamatan Bantargadung dengan Desa Bumisari Kecamatan Cikidang dengan keadaan rusak parah bahkan nyaris tidak beraspal.


"Dari Gentong sampai perbatasan desa Buanajaya sekira 6,5 KM itu adalah jalan kabupaten, dan sekira 4,5 km keadaannya rusak parah, jalan tersebut merupakan akses satu-satunya warga Mangunjaya dan warga Buanajaya untuk beraktifitas menuju pusat perekonomian warga, dari Buanajaya ke jalan raya (Jalan Nasional III Warungkiara - Bantargadung) sekali perjalanan warga harus mengeluarkan uang 50 ribu kalo naik ojek," beber Geri Nugraha.


"Dengan Kondisi jalan rusak seperti itu, masyarakat menjadi sangat terbebani dengan biaya serta harga-harga menjadi mahal, kami selaku warga berharap pemerintah daerah khususnya dinas terkait untuk segera melakukan perbaikan jalan tersebut," tandasnya.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Gegara Jalan Rusak Ongkos Ojek di Bantargadung 50 Ribu Sekali Jalan Gegara Jalan Rusak Ongkos Ojek di Bantargadung 50 Ribu Sekali Jalan Reviewed by Tatar Sukabumi on Rabu, November 07, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads