Header AD

Dua Desa di Sukabumi Dinobatkan Sebagai Desa Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2018

Kepala bidang keuangan dan asset desa DPMD Kabupaten Sukabumi, Ahmad Mujadid


TatarSukabumi.ID - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia memilih 69 Desa dengan predikat Desa terbaik tingkat Nasional dalam Lomba Desa dan Pendamping terbaik tahun 2018.


Dari 69 Desa se-Indonesia yang terpilih, Desa Sukajaya Kecamatan Sukabumi terpilih menjadi Desa Terbaik dengan kategori A dengan kriteria miliki penguatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat dan Desa lainnya adalah Desa Karangpapak Kecamatan Cisolok yang ditetapkan sebagai Desa Terbaik kategori B dengan kriteria pelaksanaan penggunaan Dana Desa dan Padat Karya Tunai ( PKT).


BACA JUGA : 1 dari 100 Perempuan Indonesia Usia diatas 5 Tahun Perokok


Kepala bidang keuangan dan asset desa DPMD Kabupaten Sukabumi, Ahmad Mujadid, mengungkapkan kedua desa mengalami proses yang cukup panjang hingga dinobatkan sebagai Desa Terbaik Tingkat Nasional 2018.


Setelah pada bulan September DPMD provinsi Jawa barat melaksanakan review, penilaian, perangkingan, nominasi pemenang kepada 17 peserta desa se-provinsi Jawa barat.

Kepala bidang keuangan dan asset desa DPMD Kabupaten Sukabumi, Ahmad Mujadid

Dengan melewati tahapan verifikasi administrasi, wawancara, verifikasi dan focus group discusion (FGD) sampai pada akhirnya perwakilan 2 desa Kabupaten Sukabumi masuk dalam nominasi desa terbaik tingkat Nasional.


BACA JUGA : Jalan Tol Bocimi, Double Track dan Bandara Sukabumi Dimata Anggota DPRD Provinsi Jabar


Kategori penilaian hasil verifikasi DPMD Provinsi Jawa barat terdapat empat kriteria diantaranya penilaian desa terbaik kategori A miliki penguatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, kategori B bisa melaksanaan prioritas penggunaan DD dan padat karya Tunai( PKT).


Kategori C yaitu terpenuhinya prakarsa dan inovatif dan kategori D bisa mewujudkan pelayanan informasi dan transparansi publik anggaran pembangunan desa.


BACA JUGA : UU Ruzhanul Ulum Datangi Sukabumi, Adjo Sardjono Berharap Percepatan Tol Bocimi dan Double Track


Beberapa kriteria umum lain dalam proses seleksi dan penilaian dijelaskan oleh Ahmad Mujadid yang tertuang dalam 11 kriteria yang terangkum meliputi,
Penyampaikan informasi terbuka maupun melalui media informasi kepada masyarakat seluruh kegiatan perencanaan kepada masyarakat dan melaksanakan perencanaan program melalui musyawarah partisipatif sesuai ketentuan Permendesa Nomor 2 Tahun 2015.


Selanjutnya penentuan kegiatan yang didanai dari Dana Desa berdasarkan program prioritas penggunaan Dana Desa, sesuai Permendesa PDTT No 19 tahun 2017 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2018.


BACA JUGA : Pemkab Bogor Adopsi Perbup 35 tahun 2018 Pemkab Sukabumi Terkait Dana Hasil Produksi PT Star Energi Bagi Desa


Hal lainnya dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan desa (penggunaan DD) diharapkan memaksimalkan sumberdaya lokal baik secara swakelola maupun dengan pola padat karya tunai.


Selanjutnya Desa bisa melaksanakan tahapan perencanaan sesuai jadwal yang ditetapkan sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku dan menyampaikan laporan penggunaan dana desa tepat pada waktunya.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Dua Desa di Sukabumi Dinobatkan Sebagai Desa Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2018 Dua Desa di Sukabumi Dinobatkan Sebagai Desa Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2018 Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, November 30, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads