Header AD

Diduga Gegara Proyek, Material Lumpur Genang Akses Jalan di Parungkuda

Material Lumpur tutup badan jalan / Foto : Istimewa (10/11/2018)


TatarSukabumi.ID - Kolam ikan seluas 15 meter kali 7 meter dengan kedalaman awal kolam 1,5 meter tiba tiba rata tertutup tanah kiriman yang tergerus air hujan sore kemarin, Jumat (9/11/2018).


Tidak hanya itu, material tanah kiriman sempat menutup badan jalan serta satu petak sawah warga yang terletak tepat dibawah jalan.


Meski tidak menelan korban, namun kejadian ini membuat gerah beberapa warga RT 13 RW 4 Kampung Lebakwangi Desa Palasarihilir Kecamatan Parungkuda Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat.


BACA JUGA : Air dan Lumpur Kiriman Hantam Jalan Desa Palasarihilir Parungkuda


Sementara itu, dari pantauan TatarSukabumi.ID dilokasi kejadian, tepat dilokasi diatas jatuhnya air dan tanah nampak tengah dilaksanakannya proyek cut and fill pembangunan perumahan.


Ditemui dilokasi kejadian, dari pengakuan beberapa warga mengungkapkan kejadian ini merupakan kejadian pertama kalinya yang dialami warga sekitar, "Sejak kecil hingga hari ini belum pernah ada kejadian longsor didaerah kami, meski wilayah kami di gawir (jurang) tapi belum pernah ada longsor seperti ini," ujar perwakilan warga yang diamini beberapa warga setempat, Sabtu (10/11/2018).


BACA JUGA : Banyaknya Jalan Rusak di Sukabumi, Humas Setda Angkat Bicara


Hal ini juga diamini Ketua RT setempat, Sukiman (60) saat ditemui TatarSukabumi.ID mengungkapkan, "Jadi masyarakat sangat dirugikan sekali, masalah sawah, empang, jalan, itu dampaknya merugikan orang banyak," ujar Sukiman, Sabtu [10/11/2018].


Menurut Ketua RT, kejadian ini terjadi diduga dipicu oleh proyek cut and fill pembangunan perumahan yang saat ini tengah digarap, "Ya tadinya waktu rapat (awal) kalau ada apa - apa kordinasi saja sama pak Lurah begitu kata dia (pihak developer), nah akhirnya pak lurahnya itu jangankan terjun kelapangan, tanya tanya ke RT saja enggak apakah ada dampak apa enggak,  nah waktu itu pemborongnya itu berani tanggung jawab, masalah serapan air saluran air, mau dibetulkan, ternyata akhirnya gak ada kabar lagi sampe terjadinya kejadian ini," beber Ketua RT.


BACA JUGA : Pemerintah Defisit, Dana Bantuan Pendidikan Menengah Universal Provinsi Jawa Barat Berkurang


Menurut Ketua RT setempat, beberapa warga mengalami kerugian materiil dampak dari bencana ini, "Harapan saya mah jangan sampai dirugikan. minta dibetulin itu saluran cai, itu warga yang sudah terjadi bagaimana (kompensasi)," tandasnya.


Sementara itu, hingga berita ini diturunkan belum ada tanggapan dari pemerintahan desa setempat, awak media sempat menghubungi Kepala Desa melalui saluran telepon namun tidak terhubung. (*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Diduga Gegara Proyek, Material Lumpur Genang Akses Jalan di Parungkuda Diduga Gegara Proyek, Material Lumpur Genang Akses Jalan di Parungkuda Reviewed by Tatar Sukabumi on Sabtu, November 10, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads