Header AD

Desa Sukajaya Sukabumi Raih Predikat Desa Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2018

Desa Sukajaya Sukabumi Desa Terbaik tingkat Nasional tahun 2018


TatarSukabumi.ID - Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia menetapkan 69 Desa se-Indinesia sebagai Desa Terbaik dalam Lomba Desa dan Pendamping terbaik tahun 2018.


Lomba Desa dan Pendamping terbaik tahun 2018 dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD) bagi seluruh Desa di Indonesia.


Dari 69 Desa terbaik se-Indonesia dan 381 desa se-Kabupaten Sukabumi, 2 Desa dari Kabupaten Sukabumi terpilih dan dinobatkan menjadi Desa Terbaik dan Pendamping Terbaik tahun 2018.


BACA JUGA : Pemkab Bogor Adopsi Perbup 35 tahun 2018 Pemkab Sukabumi Terkait Dana Hasil Produksi PT Star Energi Bagi Desa


Penyerahan penghargaan Desa Terbaik akan diberikan oleh Menteri PDT kepada Bupati dan Kepala Desa pada tanggal 29 Nopember mendatang di Jakarta.


Desa Sukajaya Kecamatan Sukabumi terpilih menjadi Desa Terbaik dengan kategori A dalam kriteria miliki penguatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.


Desa lainnya adalah Desa Karangpapak Kecamatan Cisolok dianugrahi Desa Terbaik kategori B dengan kriteria pelaksanaan penggunaan Dana Desa dan Padat Karya Tunai ( PKT).


BACA JUGA : Gaji Guru Honorer Sukabumi, Ketua DPRD : Berapa Milyar yang Akan Dibutuhkan Kita Setujui


Kepala Desa Sukajaya, Deden Gunaefi kepada TatarSukabumi.ID mengungkapkan kiat keberhasilannya dalam memimpin Desa Sukajaya sehingga mendapat predikat Desa Terbaik 2018.


"Keberhasilan tentang pengelolaan dana desa tidak terlepas dari kinerja perangkat bersama lembaga desa serta pendamping desa, terutama pembinaan dari tingkat pihak kecamatan dan yang luar biasa dari unsur DPMD kabupaten Sukabumi," ujar Deden Gunaefi, Selasa [27/11/2018].


BACA JUGA : Kisah Inspiratif, Bocah SD Merangkak 3 KM Untuk Bisa Sekolah


Lebih jauh Deden menjelaskan, Faktor utama keberhasilan dinilai dari kesiapan pemerintah desa dalam melakukan kegiatan serta program sesuai parameter yang telah ditentukan, salah satu tolak ukurnya yaitu menerapkan perencanaan yang baik, menerapkan kegiatan tepat waktu hingga menjadi sebuah keberhasilan, sesuai Undang-undang desa nomor 06 tahun 2014.


"Pertama menuangkan perencanaan melalui kemusdusan dikawal dengan musdes diterapkan melalui RKPDesa
dan dijabarkan dalam musrenbang desa.
Jadi artinya ketika pelaksanaan kegiatan dana desa ini tidak terlepas dari semua leading sektor, tanpa adanya sinergi dengan perangkat, lembaga desa serta unsur lainnya hal tersebut tidak akan tercapai" tandasnya.


Penjabaran sesuai parameter awal perencanaan serta penerapan kegiatan dan keterbukaan informasi desa dinilai cukup penting untuk membangun kepercayaan masyarakat, "Kami tahun 2017 melaksanakan kegiatan dengan nominal dana anggaran yang ditransferkan dari Pemda, provinsi dan pusat, itu kita informasikan kepada warga masyarakat, sehingga tidak akan menjadi simpang siur berapa sih anggaran desa,intinya seperti itu," terang Deden.


BACA JUGA : Cuaca Ekstrim dan Angin Puting Beliung, Puluhan Hektare Areal Pertanian di Kabandungan Terancam


Jauh dari ekspektasi, ungkap Kepala Desa Sukajaya dengan beberapa penghargaan yang telah diraihnya dari tingkat Kabupaten, Provinsi  hingga mewakili Jawa Barat ditingkat Nasional.


Beberapa program unggulan hingga menjadikan Desa Sukajaya dinobatkan sebagai Desa Terbaik 2018 diantaranya pemberdayaan dalam pengelolaan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dengan kegiatan usaha bergerak dibidang perdagangan.


"BUMDes smart diantaranya grosir, gas, simpan pinjam, permodalan dan pertanian. Dan alhamdulilah ketika BUMDes smart berjalan, ternyata dengan sendirinya bisa menaikkan taraf ekonomi masyarakat, contoh ketika dana desa ini datang ke desa harusnya perputaran ekonominya juga harus didesa, apalagi wilayah Sukajaya berbatasan dengan wilayah kota Sukabumi, jangan sampai ketika dana desa diputarkan didesa tapi dibelanjakan di kota, nah keinginan kami semua masyarakat memanfaatkan dengan adanya dana desa yaitu meningkatkan taraf ekonomi warga masyarakat Sukajaya," beber Deden Gunaefi.


BACA JUGA : Petani Pasir Datar Sukabumi Pertanyakan 110 Hektare Lahan yang Dijanjikan


Program unggulan lainnya adalah budidaya Nanas Madu yang saat ini menjadi potensi Desa, tidak hanya bernilai ekonomi, namun sekaligus menjadikan Desa Sukajaya sebagai Desa tujuan wisata edukasi potensi pertanian.


Hasil laporan bumdes tahun 2017 berdasarkan ADRT sesuai dengan peraturan desa yang disepakati oleh BPD setiap keuntungan dari BUMDes (sisa hasil usaha) dibagi menjadi 10% bagi lembaga, 10 % bagi Desa dan 10 % untuk masyarakat.


"Bila tidak salah tahun 2017 Bumdes Sukajaya mendapatkan keuntungan senilai 30 juta dengan jumlah pekerja saat ini sebanyak 8 orang warga," ungkapnya.(*)


Reporter : adv
Editor : Dian Syahputra Pasi

Desa Sukajaya Sukabumi Raih Predikat Desa Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2018 Desa Sukajaya Sukabumi Raih Predikat Desa Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2018 Reviewed by Tatar Sukabumi on Selasa, November 27, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads