Header AD

Desa Neglasari Sukabumi Bangun 20 Rutilahu Senilai 300 Juta Program BSPS

Pembangunan Rutilahu Desa Neglasari Sukabumi / Foto : Rudi Imelda (5/11/2018)


TatarSukabumi.ID -  Pemerintah Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, dalam waktu dekat akan merealisasikan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementrian PUPR (Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat) dan Perkimsih Kabupaten Sukabumi.


Anggaran yang digelontorkan berkisar 300 juta rupiah nantinya akan direalisasikan untuk pembangunan 20 unit Rutilahu dengan nominal masing masing senilai 15 juta berikut upah kerja.


BACA JUGA : Bupati Sukabumi Tegaskan Kades Jangan Pakai Dana Desa Seolah Uang Pribadi


Menurut Kepala Desa Neglasari, Lili Rahman, sistem pelaksanaan dilapangan nantinya melibatkan BSPS, tim Desa serta perwakilan dari kementrian yang langsung turun kelapangan guna mengantisipasi terjadinya penyelewengan anggaran.


'Uang nya tidak di terima oleh kepala Desa,, uangnya lewat Bank BTN dan masuk ke nomer rekening toko matrial, sebesar 250 juta rupiah secara bertahap serta yang  50 juta rupiah untuk upah kerjanya, dibikin nomer rekening," Ujar Lili Rahman, Senin [5/11/2018].


BACA JUGA : Tebing Puluhan Meter Ambruk Menyeret Bangunan dan Mesin Bubut di Sukabumi


Lebih jauh Kepala Desa Neglasari mengatakan, bantuan ini bersipat stimulan serta swadaya.

Pembangunan Rutilahu Desa Neglasari Sukabumi / Foto : Rudi Imelda (5/11/2018)

Kades menjelaskan, rencana sistem kerja Rutilahu dimulai dengan pembongkaran dan pemasangan pondasi serta pemasangan bata dengan ukuran panjang 6 kali 4 meter persegi, "Apabila belum punya kusen, pintu, dan lainnya kita buatkan dulu, tapi kalau sudah siap kita bantu sesuai dengan kebutuhannya, seperti hebel, semen, pasir, serta besi, namun kebanyakan yang kita mau bangun orang tidak mampu jadi terganjal dengan tak punya apa apa hanya punya bambu saja, ini yang sedikit membingungkannya, karena angaran untuk matrial hanya 12,5 juta, sedangkan upah kerja 2,5 juta, saya siasati secara swadaya juga apa saja yang punya demi terbangunnya rumah warga tersebut," beber Lili.


BACA JUGA : Wanita di Sukabumi Tewas Ditangan Selingkuhannya


Dalam bimtek seharusnya masyarakat  yang telah memiliki material bangunan kayu, pasir, bata, namun tidak bisa membangun akibat terkendala dana sehingga masuk program BSPS namun fakta dilapangan masyarakat hanya memiliki bambu saja, namun Pemdes akan berupaya memaksimalkan pembangunan dengan uang seadanya, beber Kades.


"Kita memampaatkannya dengan cara gotong royong bersama masyarakat untuk mensiasati upah kerja biar upah kerja bisa beli materia bangunan bagi yang kurang," tutur Lili.


Kades berharap dengan bantuan pembangunan Rutilahu dari Kabupaten dan BSPS Kementrian pusat diharapkan bisa membantu warga untuk hidup lebih layak, "Saya ucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah pusat, provinsi dan Kabupaten Sukabumi, yang telah turun langsung kelapangan dan memberikan bantuan ini, semoga Sukabumi lebih baik mandiri dan religius, sesuai jargon Bupati Sukabumi." pungkasnya.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Desa Neglasari Sukabumi Bangun 20 Rutilahu Senilai 300 Juta Program BSPS Desa Neglasari Sukabumi Bangun 20 Rutilahu Senilai 300 Juta Program BSPS Reviewed by Tatar Sukabumi on Senin, November 05, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads