Header AD

Cuaca Ekstrim Musim Angin Barat, Nelayan Palabuhanratu Paksakan Melaut

Rumpon / Pagang di Perairan Palabuhanratu / Foto : Rudi Imelda (16/11/2018)


TatarSukabumi.ID - Cuaca tidak bersahabat bahkan mulai memasuki cuaca ekstrim dalam seminggu terakhir berdampak kepada kehidupan Nelayan Palabuhanratu - Sukabumi, Jumat [16/11/2018].


Nelayan keluhkan hasil tangkapan ikan disepanjang perairan Palabuhanratu menurun, kondisi tidak menguntungkan ini dirasakan nelayan Palabuhanratu sejak dua hari terakhir.


BACA JUGA : Tanah Longsor Putus Aliran Irigasi Desa Bojonggaling Sukabumi


Tidak hanya terjadi didarat, hujan dibarengi angin dirasakan hingga ke tengah lautan, musim peralihan arah angin dariangin timur ke musim angin barat cukup mempengaruhi pada hasil tangkapan ikan terutama pada nelayan konvensional berperahau kecil dan Rumpon (Pagang).


Informasi terhimpun, musim angin barat merupakan musim dimana angin berhembus dari Benua Asia (musim dingin) menuju Benua Australia (musim panas) yang biasanya dibarengi curah hujan dengan intensitas cukup tinggi terutama diwilayah Indonesia bagian Barat.


Angin akan dirasakan cukup ekstrim di perairan dan samudera, perairan dan samudra yang dilewati angin ini diantaranya adalah Laut China Selatan dan Samudra Hindia (Palabuhanratu).


BACA JUGA : Sempat Hilang 2 Minggu, Pengemudi Ojek Ditemukan Tergantung di Pohon di Sukabumi


Kondisi ini tentu diperparah dengan meningkatnya gelombang ombak laut hingga badai angin, Nelayan Palabuhanratu meyebut musim ini sebagai musim paceklik, Nelayan biasanya memilih tidak berani melaut.


Nelayan asal Cikakak Palabuhanratu, Jemy kepada TatarSukabumi.ID mengungkapkan, "Sore hari kami berangkat ketangah laut menju Pagang, sampai di pagang malah hujan deras disertai angin barat dan gelombang air deras, sampai patah tiang pemutar jaring," ujar Jemy, seorang nelayan pagang di perairan Palabuhanratu, Jumat [16/11/2018].


"Angin barat dan gelombang terjadi sekitar pukul 18.00 WIB kemarin, disertai hujan deras, kami tidak bisa beraktivitas. Hal ini sudah terjadi dari dua hari yang lalu, namun kami para nelayan tidak menyerah tetap berusaha demi memenuhi kebutuhan hidup, terkadang kesalamatan jadi nomer dua demi keluarga tecinta," ungkapnya.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Cuaca Ekstrim Musim Angin Barat, Nelayan Palabuhanratu Paksakan Melaut Cuaca Ekstrim Musim Angin Barat, Nelayan Palabuhanratu Paksakan Melaut Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, November 16, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads