Header AD

Cuaca Ekstrim dan Angin Puting Beliung, Puluhan Hektare Areal Pertanian di Kabandungan Terancam

Angin dan Cuaca Ekstrim puluhan hektare areal pertanian terancam / Foto : Asep M-Rhe (18/11/2018)


TatarSukabumi.ID - Hujan deras disertai angin kencang dalam 2 pekan terakhir menerjang kawasan Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat.


Dampak dari kejadian ini mengakibatkan  puluhan hektaer areal pertanian warga, kebun sayur, beberapa unit rumah hingga pondok (saung) kebun warga mengalami kerusakan yang cukup serius.


BACA JUGA : 2 Pria Tewas di Cibadak, Dokter Forensik Angkat Bicara


Salah satu daerah yang terdampak cukup parah terjadi di Kampung Kahuripan RT 08 RW 10, Dusun Pandan Arum, Desa Cipeuteuy.


Seperti diungkap Dina Risnawan (18), warga setempat kepada TatarSukabumi.ID menceritakan, "Kejadian terparah hari Sabtu kemarin, diperkirakan berlangsung berkisar hanya 30 menit namun mampu merobohkan pohon besar," ungkap Dina, Minggu (18/11/2018).


BACA JUGA : Jalan Penghubung 3 Desa di Nagrak di Portal, Warga Pemilik Kendaraan Dikutip Uang Bulanan


Lanjut Dina, Peristiwa angin kencang terjadi saat dirinya berada di Kebun wilayah Kampung Cilodor, sekira pukul 16.00 hingga 16.30 waktu setempat, membuat warga yang menyaksikan kejadian sempat panik.


"Kami menyaksikan dengan jelas kejadian itu, saung yang saya duduki juga sempat  terangkat oleh angin, perasaan campur aduk, sudah putus asa dan pasrah sudah terlintas kayak kiamat dasyat sekali, orang tua saya sudah adzan karena ketakutan dan sudah berdoa untuk tidak panik," ungkapnya.


BACA JUGA : Gapoktan Cikidang Sukabumi Terima Bantuan Teknologi Bernilai 2 Triliun


Akibat, angin ribut dan cuaca extrim ini warga mengalami kerugaian yang mencapai puluhan jura rupiah.


"Ribuan pohon cabe pada patah tertiup angin dan tertimpa pohon, selain itu 6 unit saung warga hancur tertiup angin, kerugian kira-kira separo dari modal" ungkap Dina.


BACA JUGA : Tanah Longsor Putus Aliran Irigasi Desa Bojonggaling Sukabumi


Dari tanaman yang tersisa, Dina mengaku hanya sebagian saja yang masih bisa diselamatkan, walupun tidak akan maksimal hasil produksinya.


"Jika di hitung-hitung rugi besar, seharusnya tingggal nunggu panen, sekrang malah banyak kerjaaan dan pohon rusak, tanaman walaupun berbuah tidak akan maksimal," keluhnya.


"Ya paling tinggal  yang tersisa saja, tapi biarpun dia selamat tidak akan tumbuh subur seperti biasanya karna akarnya sudah terangkat disapu angin," pungkas Dina.(*)


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Cuaca Ekstrim dan Angin Puting Beliung, Puluhan Hektare Areal Pertanian di Kabandungan Terancam Cuaca Ekstrim dan Angin Puting Beliung, Puluhan Hektare Areal Pertanian di Kabandungan Terancam Reviewed by Tatar Sukabumi on Minggu, November 18, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads