Header AD

Banjir Ikan di Palangpang, Ternyata Daerah Ciwaru Penghasil Ikan Asin Sejak 1978

Pantai Palangpang penghasil ikan asin sejak 1978 / Foto : Rudi Imelda


TatarSukabumi.ID - Pantai Palangpang Ciwaru kembali dibanjiri ikan, setelah sebelumnya Nelayan keluhkan penurunan penghasilan tangkapan ikan akibat cuaca yang cukup ekstrim.


Akibat cuaca ekstrim beberapa Nelayan terpaksa mengamankan Rumpon (Pagang), ketepi pantai guna memperkecil kerusakan pagang akibat hantaman ombak.


Meski kondisi cuaca tidak bersahabat dan memasuki cuaca ekstrim dalam seminggu terakhir, tidak menyurutkan semangat Nelayan Palangpang Ciwaru untuk tetap beraktivitas.


BACA JUGA : Peringatan Dini Gelombang Laut 1  Hingga 2.5 Meter


Madrip, spenjual ikan di Pantai Palangpang Ciwaru, kepada TatarSukabumi.ID mengatakan, dalam beberapa hari terakhir penghasilan Nelayan sempat menurun akibat cuaca buruk serta tiupan angin barat yang cukup kuat, "Sekarang alhamdulillah tangkapan ikan mulai banyak kembali," ujar Madrip Senin [19/11/2018].


Saat ini hasil tangkapan ikan melimpah, diantaranya Ikan Lisong (tongkol kecil), Ikan Eteman (Mene maculata), Kakap merah, Rebon (udang kecil), serta jenis ikan lainnya yang terdapat di perairan laut Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.


BACA JUGA : Cuaca Ekstrim dan Angin Puting Beliung, Puluhan Hektare Areal Pertanian di Kabandungan Terancam


Akibat Rumpon (Pagang) Nelayan yang dipasang di pinggir pantai tidak terlalu menjorok ke laut, membuat hasil tangkapan rebon cukup melimpah, "kemarin yang paling banyak melimpah ikan Lisong ( tongkol kecil) serta jenis ikan lainnya, kalau hari ini ada juga lisong, eteman, ikan merah serta rebon," jelasnya.


"Harga ikan tetap standar disini, seperti lisong sekarang mencapai 10 ribu/kilo di pengecer, dan untuk jenis ikan lainnya di buat ikan kering (ikan asin) , karena disni banyak juga pengrajin ikan asin," jelas Madrip.


BACA JUGA : Bisnis Esek - esek Online di Sukabumi, Polisi Tangkap Pemilik Akun Twitter Escort 0266 ke2


Perlu diketahui palangpang merupakan  salah satu sentra pengolahan ikan asin tradisional.


Produk ikan asin asal Palangpang dinilai alami karena diolah tanpa menggunakan bahan pengawet /formalin.


Didaerah Palangpang terdapat puluhan pengrajin yang mampu memproduksi puluhan ton ikan kering setiap harinya, aktifitas pengolahan produksi ikan asin ditempat ini sudah berlangsung sejak tahun 1978.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Banjir Ikan di Palangpang, Ternyata Daerah Ciwaru Penghasil Ikan Asin Sejak 1978 Banjir Ikan di Palangpang, Ternyata Daerah Ciwaru Penghasil Ikan Asin Sejak 1978 Reviewed by Tatar Sukabumi on Selasa, November 20, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads