Header AD

4 Desa di Kecamatan Kalapanunggal Diperiksa Inspektorat

Kantor Desa Palasarigirang / Foto : Rapik Utama (9/11/2018)


TatarSukabumi.ID - Inspektorat Kabupaten Sukabumi melaksanakan pemeriksaan reguler di-empat Pemerintahan Desa se-Kecamatan Kalapanunggal kabupaten Sukabumi, Jumat [9/11/2018].


Satu diantaranya Pemerintahan Desa Palasarigirang kecamatan Kalapanunggal yang telah selesai melaksanakan laporan realisasi anggaran tahun anggaran 2018 oleh Inspektorat Kabupaten Sukabumi.


Saat ditemui TatarSukabumi.ID  diruang kerjanya, Kepala Desa  Palasarigirang, Ujang Ma'mun mengungkapkan jika setiap Desa harus siap dalam pemeriksaan reguler oleh Inspektorat.


"Mau tidak mau ya harus mau diperiksa, karena pemeriksaan reguler ini merupakan kewajiban Inspektorat dalam menjalankan tupoksinya. Untuk itu masing-masing desa harus siap dan mempersiapkan diri, artinya desa harus lebih berbenah terhadap kewajiban dalam melakukan perencanaan, realisasi berikut pelaporannya," ungkap ujang Mamun, Jumat [9/11/2018].


BACA JUGA : Banyaknya Jalan Rusak di Sukabumi, Humas Setda Angkat Bicara

Menurut Ujang Mamun proses pemeriksaan dilakukan secara detail, tidak hanya itu, Inspektorat meninjau langsung setiap titik kegiatan yang dikerjakan dilapangan.


"Proses pemeriksaan hampir dari seminggu, pokoknya ketat serta mendetail dimulai dari pemeriksaan administrasi, pajak, hingga cek kelokasi realisasi pembangunan," jelas Kades.


BACA JUGA : Pemerintah Defisit, Dana Bantuan Pendidikan Menengah Universal Provinsi Jawa Barat Berkurang


Menurut Kades, proses peninjauan langsung kelapangan memberi nilai positif bagi Pemerintah Desa, sehingga Pihaknya bisa mengetahui secara langsung kekurangan yang terjadi di lapangan.


"Dari sisi pembinaan sangat terbantu, bila dari sisi kekurangannya menjadi sebuah pembelajaran dan evaluasi, agar kedepannya tidak terulang kembali," ungkapnya.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

4 Desa di Kecamatan Kalapanunggal Diperiksa Inspektorat 4 Desa di Kecamatan Kalapanunggal Diperiksa Inspektorat Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, November 09, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads