Header AD

1 dari 100 Perempuan Indonesia Usia diatas 5 Tahun Perokok

Seminar Perempuan dan Anak Kemen PPA / Foto : Istimewa


TatarSukabumi.ID - Data profil Perempuan Indonesia tahun 2017 menunjukkan, 3 dari 10 perempuan Indonesia (29,32%) memiliki keluhan kesehatan.


Kondisi ini diperburuk dengan fakta bahwa 1 dari 100 perempuan Indonesia usia 5 tahun keatas mengkonsumsi rokok setiap hari.


Hal tersebut dikemukakan dalam Seminar Publikasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) tahun 2018 yang digelar di Jakarta, Selasa (27/11/2018).


BACA JUGA : Pemkab Bogor Adopsi Perbup 35 tahun 2018 Pemkab Sukabumi Terkait Dana Hasil Produksi PT Star Energi Bagi Desa


Ancaman serius ini menjadi fokus dalam seminar yang dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPP) bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS).


Dalam seminar juga membahas 4 buku diantaranya Buku Profil Perempuan Indonesia, Pembangunan Manusia Berbasis Gender dan Publikasi Statistik Gender Tematik, dengan tema Generasi Millenial yang rencananya akan diterbitkan secara resmi pada pertengahan tahun depan.


BACA JUGA : Kisah Inspiratif, Bocah SD Merangkak 3 KM Untuk Bisa Sekolah


Sekretaris Kemen PPPA, Pribudiarta Nur Sitepu menyatakan, penyusunan 4 buku publikasi tersebut sebagai langkah Kemen PPPA menyediakan data dan informasi terkait kondisi perempuan dan anak di Indonesia.


Lebih jauh menurutnya, seminar 4 bahan publikasi ini penting karena didalamnya memuat fakta, data dan informasi terkait kondisi perempuan dan anak saat ini.


"Data (dalam buku) dapat dipergunakan sebagai dasar pengambilan keputusan, penyusunan regulasi, kebijakan, program, evaluasi dan referensi serta justifikasi dalam menyelesaikan suatu permasalahan oleh stakeholder maupun pemangku kepentingan,” ujar Pribudiarta.


BACA JUGA : Desa Sukajaya Sukabumi Raih Predikat Desa Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2018


Hal senada juga diungkap Kepala Biro Perencanaan Kemen PPPA, Indra Gunawan, data yang tertuang nantinya menjadi salah satu sumber bagi Kemen PPPA untuk melakukan intervensi dengan mengembangkannya menjadi program bagi perempuan dan anak di Indonesia.


"Isu-isu penting seperti isu perkawinan anak yang masih tinggi, partisipasi angkatan kerja perempuan yang masih rendah, generasi milenial dan lainnya, tentu akan diperhatikan, khususnya pengembangan program kebijakan ke depannya dengan melibatkan seluruh kedeputian serta bekerjama seluruh stakeholder," tandasnya.(*)


Sumber : Kemen PPA
Editor : Dian Syahputra Pasi

1 dari 100 Perempuan Indonesia Usia diatas 5 Tahun Perokok 1 dari 100 Perempuan Indonesia Usia diatas 5 Tahun Perokok Reviewed by Tatar Sukabumi on Rabu, November 28, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads