Header AD

Yayasan Pendidikan Al Bashry Gelar Penerimaan Tamu Ambalan

Gudep Yayasan Pendidikan Islam Albhasry di Kecamatan Kalapanunggal menggelar acara Kegiatan Tahunan Penerimaan Tamu Ambalan - Asep M-Rhe
Gudep Yayasan Pendidikan Islam Albhasry di Kecamatan Kalapanunggal menggelar acara Kegiatan Tahunan Penerimaan Tamu Ambalan - Asep M-Rhe
TatarSukabumi.ID - Gugus Depan (Gudep) Yayasan Pendidikan Islam Albhasry di Kecamatan Kalapanunggal menggelar acara Kegiatan Tahunan Penerimaan Tamu Ambalan (PTA), Jumat (5/10/2018).

Kegiatan kali ini meninggalkan kesan tersendiri bagi para pesertanya karena kegiatan yang direncanakan akan berlangsung selama dua hari kedepan bertepatan dengan HUT TNI ke-73.

Cuaca cerah sore tadi menyelimuti upacara pembukaan yang digelar di halaman sekolah yang dihadiri oleh 90 peserta upacara dengan berpakaian seragam pramuka lengkap dengan atribut terlihat khidmat mengikuti prosesi upacara.
Gudep Yayasan Pendidikan Islam Al Bashry di Kecamatan Kalapanunggal menggelar acara Kegiatan Tahunan Penerimaan Tamu Ambalan - Asep M-Rhe


Maman Diana Spt, selaku Mabigus menyampaikan maksud digelarnya acara ini, “Kegiatan ini adalah kegiatan tahunan SMA Al Bhasry khususnya dan umumnya Yayasan Pendidikan Islam Al Bashry bahwa ada kewajiban bagi calon anggota gudep untuk mengikuti mata pelajaran kepramukaan di sekolah kita,” ucapnya.



"Di sekolah ini, kepramukaan sudah dimasukkan ke dalam kurikulum tahun 2013 dimana ini menjadi ekstra kulikuler dan wajib diikuti oleh seluruh siswa. Sebagai syaratnya, mereka harus tercatat sebagai anggota gugus depan," lanjut Maman Diana.


Dalam amanat upacara, pembina pramuka Maman Diana Spt, juga menyampaikan maksud digelarnya acara ini.

Gudep Yayasan Pendidikan Islam Al Bashry di Kecamatan Kalapanunggal menggelar acara Kegiatan Tahunan Penerimaan Tamu Ambalan - Asep M-Rhe

“Ada tatacara untuk memasuki Ambalan yaitu dengan adanya penerimaan tamu Ambalan, kebetulan di Yayasan kita pramukannya tidak pramuka blur tapi pramuka blok, sehingga tidak semuanya masuk ke ambalan, hanya ekstra kulikuler, tapi ekstrakulikuler yang wajib," ucapnya.

Lanjut Maman, bahwa dalam rapot nanti akan ada dalam kurikulum K 13 itu diamanahkan bahwa ekstrakulikuler pramuka itu wajib, bahkan guru pembina juga sudah masuk jam pembelajaran.

Saat penghujung upacara, Pembina Pramuka memukul gong yang menandai dibukanya PTA secara simbolis.

"Kegiatan kali ini dirancang sedemikian rupa selama 3 hari 2 malam dengan berbagai materi yang akan disampaikan baik di luar lingkungan sekolah maupun didalam, ada beberapa materi yang akan disampaikan dan Insya Allah dapat menumbuhkan semangat jiwa ke pramukaan mereka," tutur Maman Diana usai upacara.

"Selain itu juga akan dilakukan jelajah dengan disertai kegiatan bakti sosial yang akan dilakukan di sekitar kampus Al Bashry ini," tuturnya.

Ditempat yang sama, Muhammad Yana, Ketua Pelaksana menyampaikan, "PTA kali ini dimaksudkan agar para tamu Ambalan bisa mengenal seluk beluk kepramukaan yang ada di SMA Al Bhasry ini, jadikan pramuka Al Bashry itu yang aktif, kreatif, inovatif, dan membangun rasa kekeluargaan sesama pramuka, baik penegak maupun penggalang," tutup Yana.


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Ardi Kusuma
Yayasan Pendidikan Al Bashry Gelar Penerimaan Tamu Ambalan Yayasan Pendidikan Al Bashry Gelar Penerimaan Tamu Ambalan Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, Oktober 05, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads