Header AD

Warga Cipeuteuy Bangun Jalan Sepanjang 500 Meter Tanpa Bantuan Pemerintah

Warga Kampung Sawah membangun jalan tanpa bantuan pemerintah, Minggu (30/10/2018) - Asep M-Rhe

TatarSukabumi.ID - Memiliki akses jalan yang memadai sebagai penunjang kegiatan, sosial dan perekonomian menjadi harapan semua masyarakat baik di daerah perkotaan maupun desa.


Seperti halnya yang diimpikan warga Kampung Sawah RT 06 RW 08 Kadusunan Leuwi Waluh 1, Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.


Bertahun akses jalan menuju pertanian dinilai sulit dilalui oleh warga.


BACA JUGA : Keseruan Kejuaraan Sepak Bola Leuwi Waluh Champion Cup


Supardi, salah satu warga setempat mengungkapkan, "Bertahun tahun warga menanti akan adanya pembangunan jalan setapak yang menghubungkan antar kampung bahkan sebagai akses warga menuju lahan pertanian," ungkapnya kepada TatarSukabumi.ID, Sabtu (28/9/2018).


Supardi dan warga lain sempat membawa permasalahan ini pada musyawarah desa, namun belum juga ada tanggapan.


"Melalui forum Musrenbangdes, warga berulang kali mengusulkan pembangunan jalan ini kepada pemerintah desa namun hingga tahun ini tak kunjung dibangun dan akhirnya warga berinisiatif untuk melakukan pengerasan jalan setapak yang menghubungkan Kampung Sawah menuju Kampung Cigorowong dengan bergotong royong," lanjut Pardi.


BACA JUGA : Kepolisian dan Warga Gelar Apel Diatas Aliran Sungai Cibodas Parungkuda

Warga Kampung Sawah membangun jalan tanpa bantuan pemerintah, Minggu (30/10/2018) - Asep M-Rhe


Gotong royong yang dilakulan warga biasa dilakukan seminggu sekali setiap hari Jumat dimulai pukul 07:00 hingga 10:30 hingga saat ini sudah 6 kali Jumat.


Perjuangan warga membuahkan hasil, awalnya jalan setapak ini tidak bisa dilalui baik pejalan kaki maupun kendaraan roda dua, saat ini sudah mulai bisa diakses.


"Alhmdulillah saat ini jalan dengan panjang 500 meter yang menghubungkan antara Kampung Sawah - Cigorowong kini sudah dapat dilalui warga bahkan roda dua," tutur Supriyatna warga lainya yang turut bergotong royong.


"Berhubung jalan setapak ini melewati selokan,  saat ini kami membutuhkan gorong-gorong sepanjang 4m x 8 cm, semoga pihak pemerintah dapat segera memberikan bantuan," harap Priyatna.


BACA JUGA : Diduga Keracunan Ikan Lisong, Korban Keracunan di Cibadak Bertambah


Dari pantauan TatarSukabumi.ID, jalan setapak yang dibangun warga ini menghubungkan 2 Kadusunan anatara Kadusunan Leuwi Waluh 1 dan 2, selain itu akses jalan inipun menghubungkan jalan Cipeuteuy Leuwi Waluh.


Keinginan warga untuk memiliki akses jalan yang memadai, usulan sudah berkali kali diajukan namun tak ada realisasi dan akhirnya warga sepakat bergotong royong dengan swadaya, semua material batu dan tenaga warga dengan sukarela menyumbang demi terbangunnya jalan.


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Ardi Kusuma(*)

Warga Cipeuteuy Bangun Jalan Sepanjang 500 Meter Tanpa Bantuan Pemerintah Warga Cipeuteuy Bangun Jalan Sepanjang 500 Meter Tanpa Bantuan Pemerintah Reviewed by Tatar Sukabumi on Senin, Oktober 01, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads