Header AD

Urus KTP Satu Hari Jadi di Stand Pameran Dukcapil Kabupaten Sukabumi

Warga Mengurus KTP hanya 1 hari selesai di Stand Pameran Disdukcapil, (3/10/2018) TatarSukabumi.ID/Rapik Utama

TatarSukabumi.ID - Gebyar pekan raya Sukabumi Ke-3  meriahkan HUT Kabupaten Sukabumi ke-73 diikuti oleh stand Pameran dari unsur sipil, TNI, POLRI termasuk Pemerintah Daerah, salahsatunya dari dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Dalam Stand tersebut, Disdukcapil melayani keperluan warga masyarakat dalam hal pengurusan Administrasi Kependudukan (Adminduk), yang bertempat disekitar area GOR Venue Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Kebakaran Hebat di Siang Bolong Hanguskan 6 Rumah di Cibadak

Sepintas ditemui didalam area stand, Rabu (3/10/2018), Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sukabumi, Drs. Sopyan Effendy dikonfirmasi TatarSukabumi.ID, terus berupaya mewujudkan program Sukabumi yang lebih baik.

"Insha Allah pertama Disdukcapil ini dari yang selalu baik ingin terus selalu lebih baik dalam implementasikan bahwa kita ini bekerja ibadah serta penuh ikhlas, kita selalu ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," ujar Sopyan Effendy.

BACA JUGA : Upaya Pencarian 8 Orang Sukabumi Korban Gempa Tsunami Donggala - Palu Berbuahkan Hasil

"Kedua, Insha Allah Disdukcapil akan terus mengembangkan mekanisme proses pelayanan yang lebih cepat, akurat, efektif dan efisien, sehingga seperti sekarang waktu pameran kemarin saking ramainya pelayanan Administrasi Kependudukan, proses penyelesaiannya berselang satu hari," tutur Kadis Dukcapil.

"Tetapi sekarang bisa diselesaikan dalam satu hari, cuma dibatasi pendaftarannya hingga pukul 15.00 WIB, karena untuk proses kinerja para staf dalam penyelesaian seperti mengetik dan sebagainya," lanjut Sopyan.

BACA JUGA : Sering Cekcok Dengan Isteri, Suami Ditemukan Tergantung di Kandang Kambing

"Untuk Kendala Disdukcapil pada saat ini dalam menunjang konsep tadi, Pertama kita masih terkendala keterbatasan tinta, bukan karena tidak menganggarkan, sudah kita anggarkan bahkan sudah dihitung keperluannya," tegas Sopyan Effendy.

"Tapi karena kemarin salahsatu persyaratan Pilkada, Pileg dan Pilpres 2019 bahwa pemilih harus memiliki e-KTP, sehingga semakin banyak warga membludak untuk mengurus," melanjutkan.

"Insha Allah dengan dukungan Pemerintah Daerah, khususnya Bupati bersama DPRD Kabupaten Sukabumi kita sudah disetujui pengadaan tinta diperubahan agar bisa mencukupi kebutuhan jelang pemilu Pileg dan Pilpres 2019," tutup Sopyan sambil melanjutkan berinteraksi dengan warga yang hadir.

BACA JUGA : Event Pertama Festival Bunga dan Festival Seni Budaya Geopark di Kabupaten Sukabumi

TatarSukabumi.ID pun mewawancarai Rani (35), warga Desa Jayanti, Kecamatan Palabuhanratu yang tengah membuat dan mengurus KTP.

"Saya dengan adik sedang bikin KTP, sebelumnya di kantor Kecamatan tidak bisa selesai, saya dengar di HUT Kabupaten Sukabumi ada pelayanan dari Dinas langsung, Alhamdulillah bisa selesai sambil hiburan," ucap Rani, Rabu [3/10/2018].

BACA JUGA : Rumah Lansia Tidak Layak Huni, Warga Berharap Pemerintah Desa Cipeuteuy Turun Tangan

Dalam pameran tersebut terlihat juga Kadisdukcapil menyempatkan langsung berinteraksi dengan warga sekaligus memberikan souvernir kepada warga yang bisa menjawab pertanyaan seputar pelayanan serta persyaratan dalam mengurus Administrasi Kependudukan.

Kadis Dukcapil berinteraksi dengan warga sambil memberikan souvenir, (3/10/2018) TatarSukabumi.ID/Rapik Utama

Ditegaskan pula oleh Kadisdukcapil melalui pengeras suara, "Pembuatan KTP tidak dipungut biaya, terkecuali pengurusan akte kelahiran 1 sampai 18 tahun," beber Sopyan yang secara kebetulan hadir pula Kabag OPS Polres Sukabumi serta Asisten Daerah Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Sukabumi.

Reporter : Rapik Utama
Editor : Ardi Kusuma

Urus KTP Satu Hari Jadi di Stand Pameran Dukcapil Kabupaten Sukabumi Urus KTP Satu Hari Jadi di Stand Pameran Dukcapil Kabupaten Sukabumi Reviewed by Tatar Sukabumi on Kamis, Oktober 04, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads