Header AD

Sidak Kandang Ayam di Sukabumi, Perusahaan Peternakan Harus Tingkatkan Tata Kelola Limbah

Dinas Peternakan sidak kandang ayam di Cikundul Sukabumi - Foto: Khoer (9/10/2019)


TatarSukabumi.ID - Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Sukabumi melaksanakan operasi mendadak terhadap beberapa Perusahaan Peternakan Ayam jenis Broiler dan jenis Ayam Petelur dikawasan agro wisata Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Selasa [9/10/2018].


Sidak ini dilaksanakan menindak lanjuti keluhan masyarakat terkait polusi yang diduga disebabkan oleh perusahaan ternak.


BACA JUGA : Gegara Macet, Jujun Junaedi Warga Sukabumi Ciptakan Mesin Terbang


Masyarakat menilai Perusahaan Peternaknakan belum secara maksimal melakukan pengelolaan serta pengolahan limbah kotoran yang dihasilkan, sehingga dikhawatirkan menimbulkan dampak polusi bau serta serangan lalat terhadap lingkungan pemukiman warga masyarakat.


"Ya, dari hasil sidak kita tadi bersama dilapangan, didalam tata laksananya ada yang sudah benar, tapi, juga masih harus ditingkatkan cara pengolahan limbahnya supaya tidak berdampak bau dan lalat," Ucap Kepala Bidang Peternakan Sunaryo, saat ditemui dilokasi Peternakan Ayam Cikundul, Selasa (09/10/2018).


Hampir seluruh Perusahaan Peternakan dikawasan kelurahan Cikundul mendapatkan kunjungan, dalam sidak kali ini, petugas Dinas Peternakan didampingi aparatur Kelurahan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta Kasitrantib Kecamatan.


BACA JUGA : Proses Evakuasi 7 Warga Sukabumi Berikut Bayi Korban Gempa dan Tsunami Palu Berjalan Dramatis


Disinggung mengenai perizinan pelaku usaha ternak, Dinas Peternakan Kota Sukabumi belum bisa memberikan komentar karena saat ini masih menunggu penjelasan dari para pemilik peternakan, "Sebab, pada saat dilakukan sidak para pemilik tidak dapat dijumpai dilokasi perusahaannya. Terkait perizinan kita belum bisa memastikan, karena semua data ada dikantor pusat katanya. Kita bakal datangi masing-masing kantor pusat untuk memastikan informasi terkait kelengkapan izin perusahaan," jelas Sunaryo.


Menurut Sunaryo, Perusahaan Peternakan yang saat ini masih memiliki izin yang masih aktif diharapkan bisa meningkatkan tata kelola pengolahan limbah sementara bagi perusahaan yang izinnya telah habis, pihaknya akan melakukan penyesuaian kembali dengan pihak tata ruang kota sukabumi, sebab kawasan Cikundul saat ini telah ditetapkan menjadi kawasan Agro Wisata.


"Kawasan Cikundul ini sudah masuk kawasan Agro Wisata. Jadi diharapkan para pihak perusahaan bisa sinergis dan saling mendukung dengan tujuan. Ya, ekonomi bisa berjalan, tapi lingkungan juga harus diperhatikan." tegasnya.(*)


Kontributor : Khoer
Editor : Dian Syahputra Pasi

Sidak Kandang Ayam di Sukabumi, Perusahaan Peternakan Harus Tingkatkan Tata Kelola Limbah Sidak Kandang Ayam di Sukabumi, Perusahaan Peternakan Harus Tingkatkan Tata Kelola Limbah Reviewed by Tatar Sukabumi on Rabu, Oktober 10, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads