Header AD

Sempat Gagal Panen Musim Kemarau Lalu, Petani Kabandungan Sambut Musim Penghujan

Petani Kabandungan sambut musim penghujan (2/10/2018) - Foto : Asep Mhe / TatarSukabumi.ID


TatarSukabumi.ID - Guyuran hujan di wilayah Kabandungan dalam dua pekan terakhir menjadi anugerah tersendiri bagi warga desa Cipeteuy Kecamatan Kabandungan kabupaten Sukabumi.


Awal musim penghujan dijadikan kesempatan oleh Petani Desa Cipeuteuy, untuk memulai menanam kembali berbagai jenis tanaman yang sebelumnya sempat gagal ditanam karena musim kemarau panjang yang melanda.


BACA JUGA : Rumah Rata Dengan Tanah Tanpa Barang Tersisa di Ciemas Sukabumi


Hal ini diungkap Acun, Petani asal Kampung Sawah Desa Cieputeuy yang sedang bersiap menanam cabai di lahan yang telah dipersiapkan jauh hari sebelumnya, "sebenarnya lahan sudah siap saat kemarau kemarin, ya karena kemarau saya belum berani menanam, biar tunggu hujan dulu," tutur Acun Kepada TatarSukabumi.ID saat dijumpai di kebun sayur miliknya, Selasa (2/10/2018).


Dengan turunnya hujan akhir-akhir ini, Acun dan ratusan petani lainya memanfaatkan untuk melakukan penanaman, hal ini terpantau dari kesibukan warga di lahan pertaniannya.


"rencananya mau tanam cabai, tapi sebelum cabai mau ditanam dulu ketimun untuk tumpang sarinya,"tutur Anih, Petani asal Kampung Cilodor.


BACA JUGA : Truk Tronton Terlibat Tabrakan Maut di Cibadak, Ibu Hamil Tua Bersama Janin Tidak Tertolong


Anih berharap dimusim kali ini dapat menghasilkan hasil produksi yang maksimal dan harga jual yang tinggi,"mudah-mudahan cuacanya bagus tidak kekeringan lagi, dan harga jual hasil panenya juga tinggi," harapnya.


Dari pantauan TatarSukabumi.ID, mayoritas petani di Desa ini mengirimkan hasil pertanian mereka ke Wilayah Tanggerang, Bogor, Sukabumi dan Jakarta.


Adapun transaksi penjualan hasil pertanian di tampung oleh pengepul lokal di tingkat desa, selanjutnya para pengepul mendistribusikan ke daerah daerah lain baik di wilayah Sukabumi maupun daerah lainnya.(*)


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Sempat Gagal Panen Musim Kemarau Lalu, Petani Kabandungan Sambut Musim Penghujan Sempat Gagal Panen Musim Kemarau Lalu, Petani Kabandungan Sambut Musim Penghujan Reviewed by Tatar Sukabumi on Selasa, Oktober 02, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads