Header AD

Pemkab Sukabumi Siapkan Aplikasi Pengaduan dan Unit Penanganan Pengaduan Bagi Masyarakat

Pembahasan UPPET di Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi / Foto : Rapik Utama (19/10/2018)


TatarSukabumi.ID - Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten Sukabumi melakukan kegiatan konsultasi uji petik publik terhadap draft Peraturan Bupati tentang pembentukan Unit Penanganan Pengaduan Terpadu (Uppet) yang dilaksanakan diruang pertemuan Gedung Pendopo Sukabumi, Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Jumat [19/10/2018].


Acara dibuka oleh Asisten Sekretariat daerah III bidang administrasi Uang Burhanuddin, acara juga dihadiri Asisten Daerah, Staff DKIP, unsur media, penggiat sosial seni budaya dan tokoh masyarakat Kabupaten Sukabumi.


BACA JUGA : Peningkatan APBD Kabupaten Sukabumi Tahun 2018 Dari 3,7 Triliun menjadi 4 Triliun


Dalam sambutannya Uang Burhanudin menjelaskan, Uppet ini merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan good goverment dalam rangka merumuskan kebijakan pengelolaan pengaduan masyarakat secara terpadu di Kabupaten Sukabumi
Berdasarkan undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik dan peraturan presiden nomor 76 tahun 2013 tentang pengelolaan publik.


Diharapkan, setelah terbitnya Peraturan Bupati (Perbup) berkaitan Unit Penanganan Pengaduan Terpadu (Uppet) bisa menjadikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kabupaten Sukabumi.


"Kami harapkan masukan yang terbaik agar setelah disahkan perda tidak menimbulkan sebuah kegamangan, Sebagaimana penyampaian aspirasi warga masyarakat disesuaikan dengan tupoksi di DKIP (Dinas komunikasi Informasi Persandian) Kabupaten Sukabumi," ungkap Assda III, Jumat [19/10/2018].


BACA JUGA : Diminta Letakan Jabatannya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Angkat Bicara


Ditempat yang sama, Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Sukabumi, Ali Iskandar menjelaskan, "Kegiatan ini merupakan ikhtiar bersama dalam membuat formulasi menghadirkan pemerintah yang bersih, acountable bisa mengerjakan apa yang baik dengan hasil terbaik sesuai kebutuhan pelayanan terbaik kepada masyarakat juga bisa menepis pandangan masyarakat untuk tidak pragmatis akan kinerja pemerintah," beber Ali Iskandar.


Lebih jauh Ali Iskandar menjelaskan, orientasi pertama adalah quick respon menghadirkan pemerintahan yang aspiratif dalam menampung segala permasalahan yang terjadi dilingkup masyarakat, "Jadi Sukabumi lebih baik harus dimulai dengan fokus akan reformasi publik birokrasi," jelasnya.


BACA JUGA : Pemerintah Kabupaten Sukabumi Bertekad Wujudkan Wilayah Bebas Korupsi


Jelang pembentukan Unit Penanganan Pengaduan Terpadu (Uppet) sekaligus launching aplikasi e-Lapor dibawah naungan Ombudsman, diharapkan pelayanan pengaduan publik ini dapat dilaksanakan oleh seluruh unit layanan OPD dan SKPD agar bisa menyediakan ruang pelayanan pengaduan bagi masyarakat.


Nantinya akan dibentuk tim unit pengelola pengaduan tingkat sub-dinas hingga tingkat Kabupaten Sukabumi, "Bila pelaksanaan ini berhasil maka kelak Bupati akan memberikan Apresiasi penghargaan maupun punishment (hukuman) Kepada unsur pemerintah daerah kabupaten Sukabumi," jelas Ali Iskandar.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Pemkab Sukabumi Siapkan Aplikasi Pengaduan dan Unit Penanganan Pengaduan Bagi Masyarakat Pemkab Sukabumi Siapkan Aplikasi Pengaduan dan Unit Penanganan Pengaduan Bagi Masyarakat Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, Oktober 19, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads