Header AD

Pembangunan Desa Bersama Program TMMD ke-103 Desa Sukamanis Kadudampit

Realisasi Anggaran DD Desa Sukamanis Kecamatan Kadudampit / Foto : Dian Syahputra Pasi (21/10/2018)


TatarSukabumi.ID - Capaian realisasi anggaran Dana Desa (DD) Tahap II Tahun Anggaran 2018 Desa Sukamanis Kecamatan Kadudampit hampir selesai mencapai 100% tahap pengerjaan.


Dari pantauan TatarSukabumi.ID dilapangan, beberapa pekerjaan fisik pembangunan desa yang telah terealisasi dalam tahap II anggaran Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2018 hingga pertengahan bulan Oktober 2018 terbagi menjadi 4 kegiatan pembangunan desa.


BACA JUGA : Marwan Hamami Soroti Kinerja DPMD dan Pendamping Desa


Realisasi anggaran DD tahap II ini difokuskan dalam pembangunan Jembatan 1 dan 3 dengan panjang 2 meter dengan lebar 3 meter, sementara Jembatan 2 dengan total panjang 11 meter dan Lebar 3 meter, ketiga jembatan tersebut berada di Kampung Cisarua Cirawa RT 18/ RW 04 Desa Sukamanis Kec.Kadudampit.

Realisasi Anggaran DD Desa Sukamanis Kecamatan Kadudampit / Foto : Dian Syahputra Pasi (21/10/2018)


Pembangunan lainnya merupakan Tembok penahan tanah sepanjang total 15 M di Kampung Cisarua Cirawa RT 18/ RW 04 sementara pembangunan TPT bahu jalan lainnya sepanjang 134 meter dengan ketinggian1,5 meter berada di Kampung Mancaggar RT 22/5 Desa Sukamanis.


BACA JUGA : Petani Tomat Alami Gagal Panen di Musim Kali Ini 


Saat ditemui TatarSukabumi.ID, Kepala Desa Sukamanis, Ade Irawan, mengungkapkan, "Alhamdulillah capaian realisasi anggaran Dana Desa tahap II hampir selesai 100 persen pengerjaan, ditambah warga Sukamanis selaku penerima manfaat dalam tahun ini mendapat bantuan dari TNI dalam program TMMD ke -103," ungkap Ade Irawan, Minggu [21/10/2018].

Realisasi Anggaran DD Desa Sukamanis Kecamatan Kadudampit / Foto : Dian Syahputra Pasi (21/10/2018)


Menurut Ade Irawan, beberapa Program TMMD Ke-103 Tahun 2018 yang akan dilaksanakan di Desanya meliputi pembangunan pengaspalan jalan, pembangunan rabat beton, Pembangunan plat beton, pembangunan tembok penahan tanah (TPT), pembangunan Posyandu, rehabilitasi posyandu, Rehabilitasi rumah tidak layak huni (Rutilahu), Rehabilitasi MCK dan Rehabilitasi Masjid dilingkungan warga.


BACA JUGA : Unik, Gerombolan Ratusan Lumba Lumba Terpantau di Perairan Palabuhanratu Sukabumi


Selain membangun infrastruktur di desa nya, dalam TMMD ke-103 juga dilaksanakan pembangunan non fisik meliputi Penyuluhan Bela Negara, Wawasan kebangsaan, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Pendidikan luar sekolah meliputi bidang Pertanian, 0erkebunan, Keluarga Berencana, dan Narkoba.


"Kami ucapkan terimakasih kepada TNI yang telah melaksanakan program TMMD ke-103 di Desa Sukamanis, Saya mewakili seluruh warga sebagai penerima manfaat dari program ini menghaturkan terimakasih yang sebesar besarnya," ungkap Ade Irawan.


Sementara itu untuk beberapa pekerjaan akhir di tahap II ini Aparatur Desa Sukamanis akan menyelesaikan finishing usai kegiatan TMMD, "kami telah melakukan perubahan beberapa kegiatan dan kami akan melaporkan berita acara perubahan ini ke Pihak Kecamatan, karena berbarengan dengan program TMMD," ungkap Kades.(*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Pembangunan Desa Bersama Program TMMD ke-103 Desa Sukamanis Kadudampit Pembangunan Desa Bersama Program TMMD ke-103 Desa Sukamanis Kadudampit Reviewed by TatarSukabumi.ID on Minggu, Oktober 21, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads