Header AD

Pelepasliaran Hewan Endemik dan Dilindungi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Pelepasliaran hewan endemik dan dilindungi di Sukabumi / Foto : Asep M-Rhe [27/10/2018]


TatarSukabumi.ID - Balai Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TN-GHS) berkomitmen untuk melestarikan keanekaragaman hayati yang ada di TN-GHS.


Salah satu upaya yang dilakukan bersama sama steakholder yang ada, TN-GHS melakukan upaya pemulangan dan pelepasliaran satwa endemik yang dilindungi ke habitat asalnya.


BACA JUGA : Kebun dan Sawah Rusak di Sukabumi Tertinggal Bekas Cakaran dan Jejak Kaki Babi Hutan


Hal tersebut dikatakan Ugur Gursila, selaku Kepala Resort Kawah Ratu usai acara pelepasliaran satwa yang dilindungi dan endemik dikawasan TN-GHS Resort Kawah Ratu, Jum'at (27/10/2018).


Beberapa jenis satwa dilindungi dan endemik hasil sitaan yang dilakukan oleh BKSDA DKI dan BBKSDA Jabar maupun penyerahan satwa secara sukarela dari pemiliknya, untuk dilepasliarkan kembali ke habitatnya di kawasan TN-GHS.

Pelepasliaran hewan endemik dan dilindungi di Sukabumi / Foto : Asep M-Rhe [27/10/2018]


"Kami lakukan release satu ekor Elang Jawa, satu Elang Brontok, enam ekor Ular Sanca Batik, empat ekor Kucing Hutan, dua ekor Landak, dan satu ekor Musang, satwa tersebut hasil dari penyitaan dan penyerahan secara sukarela dari pemiliknya" ujar Ugur kepada TatarSukabumi.ID Jum'at (27/10/2018).


BACA JUGA : Kawanan Monyet Serang Kebun Warga di Sukabumi


Masih minimnya kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam menjaga kelestarian dan perlindungan satwa saat ini dinilai menjadi tantangan sekaligus menjadi perhatian bersama seluruh pihak, kepedulian masyarakat masih kurang, karena masih banyaknya perburuan satwa di Sukabumi terutama jenis burung, jelas Ugur.


"Marilah kita jaga dan lindungi satwa yang ada dialam, karena satwa yang ada dialam merupakan bagian dari ekosistem yang saling berkaitan, punahnya satwa menyebabkan ketidak seimbangan ekosistem, biarkan mereka hidup di alam bebas," tandasnya.(*)


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Pelepasliaran Hewan Endemik dan Dilindungi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak Pelepasliaran Hewan Endemik dan Dilindungi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak Reviewed by Tatar Sukabumi on Sabtu, Oktober 27, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads