Header AD

Miris Kondisi Rutilahu Mak Eem dan Ustadz Uloh di Sukabumi

Rutilahu Mak Eem dan Ustadz Uloh di Sukabumi / Foto Rapik Utama (18/10/2018)


TatarSukabumi.ID - Sungguh miris, kondisi rumah yang dihuni Ustadz Uloh (52) yang berada di RT03/RW07 dan rumah Mak Eem (57) di RT 04/RW 07 rumah keduanya berada di Desa Cimanggu, Kecamatan Cikembar Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat.


Keduanya tinggal menghuni rumah dengan kondisi yang cukup memprihatinkan dan jauh dari kata layak huni.


BACA JUGA : Rapat Paripurna ke 27 Tahun 2018, Hanya Dihadiri Setengah Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi


Dengan kondisi ini, saat ditemui di ruang kerjanya, Sekretaris Desa Cimanggu, Herman Kurniawan bersama Ai Sri Rayatri Staff Desa kepada TatarSukabumi.ID menyatakan jika Pihak Desa telah mengajukan 40 Rumah Tidak Layak Huni kepada Pemkab Sukabumi, namun dalam tahun 2018 hanya mendapat 9 bantuan Rutilahu.


"Tahun 2018 warga Cimanggu mendapat bantuan rutilahu dari pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi sebanyak 9 rumah, dari total ajuan Musdus dan Musdes sejumlah 40 rutilahu sesuai dengan persyaratan dinas sosial kabupaten Sukabumi," ungkap Herman, Rabu [17/10/2018].


BACA JUGA : Unik, Gerombolan Ratusan Lumba Lumba Terpantau di Perairan Palabuhanratu Sukabumi


Herman menjelaskan, untuk bantuan 9 Rutilahu yang telah diprogramkan pada awal Oktober telah selesai dikerjakan.


Kesembilan rumah berada di Kedusunan Cimanggu sebanyak 3 rumah, Dusun Cikembang 3 rumah, Dusun Tangkil 2 rumah dan Dusun Cicatih 1 rumah.


Ai Sri Rayatri, Staff Desa Cimanggu menambahkan, "Perencanaan dana desa untuk pembangunan Rutilahu tahun Anggaran 2019 akan dilanjutkan, agar parameter pembangunan pedesaan bisa terasa oleh warga masyarakat prasejahtera terutama yang menghuni Rutilahu," ucap Ai Sri Rayatri.


BACA JUGA : Polisi Buru Pelaku Teror Pelempar Batu ke Mobil Wartawan Pos Kota di Sukabumi


Sementara itu, Kepala Dusun Cimanggu, Asep Rusmana akan berupaya memberikan sumbangsih swadaya masyarakat bersama unsur Desa kepada masyarakat selain kepada Ustadz Uloh dan Mak Eem.


Menelisik lebih jauh, menurut Asep Rusmana, Mak Eem bekerja sebagai buruh harian dan terkadang bekerja serabutan, terkadang Mak Eem bekerja sebagai pengurus dan tukang bersih kebun warga sekitar.


Lebih jauh Asep menjelaskan, Mak Eem
tinggal seorang diri sejak kematian suaminya Abdul Basid, saat ini Mak Eem menghuni rumah panggung dengan MCK yang berada diluar rumah dan dapur serta ruang tengah menyatu dengan lantai tanah.


Asep berharap ada bantuan dari pejabat maupun pengusaha atau dinas terkait untuk meringankan beban warganya.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Miris Kondisi Rutilahu Mak Eem dan Ustadz Uloh di Sukabumi Miris Kondisi Rutilahu Mak Eem dan Ustadz Uloh di Sukabumi Reviewed by Tatar Sukabumi on Rabu, Oktober 17, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads