Header AD

Marwan Hamami : Tugas Pokok dan Pungsi Kepala Desa Harus Sesuai Dengan UU Nomor 6 tahun 2014

Bupati Sukabumi Marwan Hamami / Foto : Istimewa (29/10/2018)


TatarSukabumi.ID - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengenai tugas serta fungsi Kepala Desa, Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Bintek bagi Kepala Desa bersama Istri yang di ikuti oleh 81 Kepala Desa selama 3 hari hingga 31 Oktober 2018 mendatang.


Acara dibuka oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami ditandai dengan penyematan tanda peserta yang digelar di Hotel Sukabumi Indah Salabintana pagi tadi Senin [29/10/2018].


BACA JUGA : Bupati Sukabumi Tinjau Pembuatan Jalan Baru di-3 Desa


Dalam sambutannya Bupati Sukabumi mengatakan, "Kepala desa adalah pejabat pemerintah desa yang mempunyai wewenang, tugas dan kewajiban untuk menyelenggarakan rumah tangga desa dan melaksanakan tugas dari pemerintah (pusat) dan pemerintah daerah," ujar Marwan Hamami, Senin [29/10/2018].


Bupati Sukabumi menegaskan, pemilihan Kepala Desa merupakan wujud demokrasi yang diyakini sebagai pengakuan sikap politik serta partisipasi masyarakat dalam bingkai demokratisasi pada tingkat desa yang merujuk pada undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa.


BACA JUGA : Pelepasliaran Hewan Endemik dan Dilindungi di Taman Nasional Gunung Halimun Salak


Dalam UU Nomor 6 tahun 2014 menyatakan jika pemilihan kepala desa harus dilaksanakan secara serentak yang dilaksanakan secara bergelombang paling banyak 3 kali dalam jangka waktu 6 tahun.


Bupati menegaskan, tugas dan fungsi kepala desa cukup berat sebagaimana diatur dalam UU nomor 6 tahun 2014 diantaranya menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat serta menjaga hubungan kemitraan dengan lembaga masyarakat dan lembaga lainnya, "Disamping itu kepala desa juga harus dapat menggali dan memaksimalkan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada," ungkap Marwan Hamami.


Bupati berharap, melalui bimtek ini Kades dapat menciptakan situasi yang kondusif, aman dan nyaman di wilayah desanya serta dapat mendukung dan tercipta korelasi positif bagi tujuan bersama yakni mewujudkan desa yang mandiri dan sejahtera, menuju kabupaten sukabumi yang religius dan mandiri.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Marwan Hamami : Tugas Pokok dan Pungsi Kepala Desa Harus Sesuai Dengan UU Nomor 6 tahun 2014 Marwan Hamami : Tugas Pokok dan Pungsi Kepala Desa Harus Sesuai Dengan UU Nomor 6 tahun 2014 Reviewed by TatarSukabumi.ID on Senin, Oktober 29, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads