Header AD

Mahasiswa Gelar Aksi, Masalah Guru Honorer, Dugaan Penyelewengan Anggaran, Hingga Meminta Diturunkannya Kadisdik Sukabumi

HMI menggelar aksi demonstrasi didepan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi / Foto : Rapik Utama (17/10/2018)

TatarSukabumi.ID - Aksi unjuk rasa dilakukan puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sukabumi didepan pintu gerbang Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi di Cikembar - Sukabumi, Rabu [17/10/2018].

Dalam orasinya HMI dengan koordinator lapangan (korlap) Ripal Rinaldi menyerukan dan menuntut beberapa hal diantaranya meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi untuk mengalokasikan 20% APBD bagi Guru Honorer bidang Pendidikan.


Hal lain yang menjadi sorotan HMI adalah kejelasan terkait dugaan penyelewengan atas realisasi pengadaan buku pengayaan, referensi dan panduan bidang pendidikan DAK tahun anggaran 2017 sebesar 8,7 Milyar.

HMI menggelar aksi demonstrasi didepan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi / Foto : Rapik Utama (17/10/2018)

Dalam orasinya Mahasiswa juga menyoroti adanya dugaan penyelewengan anggaran Multimedia dan Peralatan Laboratorium komputer senilai 4,4 Milyar dan media pendidikan sebesar 3,4 Milyar.

Tuntutan terakhir massa aksi HMI adalah meminta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi untuk meletakkan jabatannya, karena dinilai tidak sesuai dengan undang-undang ASN dan dianggap kontraproduktif dengan visi dan misi Bupati Sukabumi.


Dari pantauan TatarSukabumi.ID langsung dilokasi aksi, satuan pengamanan diturunkan dari Jajaran Kepolisian Sektor Cikembar, bersama TNI /Intel Kodim dan Anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kecamatan Cikembar.

HMI menggelar aksi demonstrasi didepan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi / Foto : Rapik Utama (17/10/2018)

Peserta aksi sempat diterima oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Mohammad Solihin, namun Mahasiswa bersikukuh tetap ingin bertemu langsung dengan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi.


Ditemui disela aksi, Menurut Korlap Aksi, untuk Guru Honorer bidang pendidikan, sesuai UU nomor 20/30 tentang Pendidikan Nasional Pasal 40 ayat 1 huruf A yang berbunyi Pendidik dan Tenaga Kependidikan berhak memperoleh penghasilan dan jaminan kesejahteraan sosial yang pantas dan memadai.

Ditambah bunyi pasal 41 ayat 3 yakni Pemerintah dan Pemda berkewajiban memfasilitasi satuan pendidikan dengan pendidik dan tenaga kependidikan yang diperlukan dalam menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu.

Hingga berita ini ditayangkan Mahasiswa masih menggelar aksinya, belum ada tanggapan resmi dari Jajaran Dinas Pendidikan terkait tuntutan aksi Mahasiswa ini.(*)

Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi


Mahasiswa Gelar Aksi, Masalah Guru Honorer, Dugaan Penyelewengan Anggaran, Hingga Meminta Diturunkannya Kadisdik Sukabumi Mahasiswa Gelar Aksi, Masalah Guru Honorer, Dugaan Penyelewengan Anggaran, Hingga Meminta Diturunkannya Kadisdik Sukabumi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Rabu, Oktober 17, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads