Header AD

Mahasiswa Demo Tolak Pertemuan IMF dan World Bank di Depan Pendopo Sukabumi

GMNI demo tolak pertemuan IMF dan WB di Nusa Dua Bali - Foto : Dian Syahputra Pasi (8/10/2018)


TatarSukabumi.ID - IMF dan World Bank (Bank Dunia) menggelar Annual Meeting 2018 yakni pertemuan 3 tahunan di Bali Nusa Dua Convention Center yang akan dimulai sejak hari ini, Senin [8/10/2018].


Atas dasar itu, di Sukabumi, Mahasiswa yang tergabung dalam GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia) menggelar Aksi penolakan didepan pintu masuk Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi, sore ini sekira pukul 17.00 WIB, Senin [8/10/2018].


BACA JUGA : Alasan Bus dan Truk Tidak Masuk Jalur Trans Loji Puncak Darma Menuju Geopark Ciletuh


GMNI menilai Pemerintah Indonesia sepatutnya menentukan sikap dan berani mengambil langkah tegas untuk menolak pertemuan ini, lebih jauh GMNI mendesak Pemerintah Indonesia untuk keluar dari keanggotaan IMF dan World Bank (WB).


GMNI demo tolak pertemuan IMF dan WB di Nusa Dua Bali - Foto : Dian Syahputra Pasi (8/10/2018)


Menurut GMNI beberapa hal yang mendasari Pemerintah Indonesia untuk mengambil langkah tegas ini, diantaranya adalah ketimpangan suara dari Negara anggota IMF dan WB dimana Indonesia hanya merupakan Negara yang hanya memiliki suara yang kecil.


Sehingga nantinya setiap keputusan yang diambil dalam IMF dan WB dianggap tidak demokratis, melainkan adalah dikte kepentingan kapital monopoli negara negara besar saja.


BACA JUGA : Alasan Prabowo Subianto Datangi Ulama Sukabumi


IMF dan WB merupakan dua lembaga Ekonomi dan keuangan yang lahir atas perjanjian internasional, kedua lembaga ini memiliki fungsi yang saling melengkapi satu sama lain, IMF berfungsi menjaga stabilitas moneter internasional dengan mengontrol nilai tukar, keseimbangan keuangan global dan kebijakan makro Ekonomi negara negara anggotanya.


Sementara WB bertugas mendorong pembangunan fasilitas dan Sumber daya di Negara berkembang seperti Indonesia salah satunya dengan memberikan dana yang bisa merangsang produktifitas serta mendorong investasi internasional bagi perdagangan dan pembangunan serta keseimbangan pembayaran.


Namun menurut GMNI saatnya Pemerintah Indonesia untuk membangun sistem ekonomi alternatif yang baru karena selama ini kehadiran IMF maupun WB tidak menjadikan solusi bahkan menambah polemik dan permasalahan baru bagi masyarakat (*)


Reporter : Dian Syahputra Pasi

Mahasiswa Demo Tolak Pertemuan IMF dan World Bank di Depan Pendopo Sukabumi Mahasiswa Demo Tolak Pertemuan IMF dan World Bank di Depan Pendopo Sukabumi Reviewed by Tatar Sukabumi on Senin, Oktober 08, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads