Header AD

Komoditas Hasil Pertanian Mulai Alami Kenaikan Harga Jelang Penghujung Tahun

Hasil Panen di Desa Cihamerang, Rabu (17/10/2018). Asep M-Rhe
TatarSukabumi.ID - Sejumlah komoditas hasil pertanian di Kecamatan Kabandungan, mulai mengalami kenaikan harga.

Dari data yang berhasil didapat TatarSukabumi.ID, hasil pertanian menunjukkan (perubahan harga memasuki pekan kedua di Oktober ini.

Cabai merah kriting misalnya, jika semula dibanderol Rp. 20.000,- perkilogramnya kini menjadi Rp. 24.000,-.


Begitupun dengan kacang panjang yang semula Rp. 5.000 perkilogramnya kini dijual  Rp. 7.000,-, dan buncis semula Rp. 7.000,- menjadi Rp. 9.000,-.
Hasil Panen di Desa Cihamerang, Rabu (17/10/2018). Asep M-Rhe

Meskipun beberapa komoditi tersebut mengalami kenaikan, namun jumlahnya tidak terlalu tinggi.

Bahkan beberapa komoditi lain masih relatif stabil seperti, tomat Rp. 2.000,- perkilogram, kacang kacang panjang Rp. 5.000,- perkilogramnya.

Perubahan harga tersebut ditenggarai karena faktor cuaca yang sudah memasuki musim penghujan saat ini terutama di kawasan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.


Salah seorang petani cabai asal Desa Cihamerang, Maman (43) kepada TatarSukabumi.ID membenarkan hal tersebut, Rabu (17/10/2018).

"Beberapa harga masih stabil dan ada juga yang mengalami kenaikan walau tidak terlalu tinggi," ujar Maman.
Hasil Panen di Desa Cihamerang, Rabu (17/10/2018). Asep M-Rhe

Sementara itu salah satu pengepul tingkat Desa, Apaw (24) menjelaskan bahwa kali ini hasil sayuran dalam kondisi ketersediaan yang cukup aman.

"Dengan cuaca mulai masuk di musim penghujan besar kemungkinan akan terjadi hasil produksi yang cukup baik" ucap Apaw.


"Untuk saat ini hasil produksi petani sayur di sini khususnya di Kabandungan masih cukup stabil, beberapa komoditas ada kecenderungan kenaikan harga," katanya.

Dari pantauan TatarSukabumi.ID, pada musim penghujan kali ini mayoritas petani sudah mulai menanam kembali berbagai komoditas pilihan dengan perhitungan panen raya terjadi saat hadapi jelang Natal dan akhir tahun.

Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Ardi Kusuma
(*)
Komoditas Hasil Pertanian Mulai Alami Kenaikan Harga Jelang Penghujung Tahun Komoditas Hasil Pertanian Mulai Alami Kenaikan Harga Jelang Penghujung Tahun Reviewed by TatarSukabumi.ID on Kamis, Oktober 18, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads