Header AD

Jadi Petani Ternyata Bisa Menjadi Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Eman, salah satu sosok petani sayur asal Kampung Gunung Leutik, Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Sukabumi.

TatarSukabumi.ID - Menjadi Petani menyimpan potensi dan peluang bisnis yang menjanjikan.


Penghasilan dari pertanian bahkan mampu menyaingi gaji ASN dan pegawai swasta.


Disamping menyimpan peluang besar dan potensi bisnis, minimnya akses permodalan untuk usaha tani menjadi kendala yang dirasakan para petani di Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi.


BACA JUGA : Upaya Pencarian 8 Orang Sukabumi Korban Gempa Tsunami Donggala - Palu Berbuahkan Hasil


Eman, salah satu sosok petani sayur asal Kampung Gunung Leutik, Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Sukabumi.


Dengan keterbatasan modal usaha yang dimiliki, namun berkat kerja kerasnya mampu menunjukkan bahwa petani Indonesia bisa berkembang.


Bermodal pengalaman dan pengetahuan, usahanya terus berkembang menjadi ladang bisnis menguntungkan, berkelanjutan dan berkesinambungan.


BACA JUGA : Sering Cekcok Dengan Isteri, Suami Ditemukan Tergantung di Kandang Kambing


"Dari luasan lahan 1.000 meter saya tanam 4.000 pohon cabai, hasil produksi bisa mencapai 7 ons per pohon, kalau pakai modal sendiri keuntungannya bisa kita nikmati, tapi saya menggunakan modal hasil pinjaman dari tengkulak dalam bentuk, bibit, pupuk dan obat-obatan," jelasnya, Kamis (4/10/2018).

Hasil panen pertanian di Kabandungan, Kabupaten Sukabumi


Dirinya mengeluhkan minimnya akses permodalan usaha tani yang ada saat ini sementara peluang usaha tani sangat besar potensinya.


"Selama ini saya bergantung modal kepada tengkulak, mulai dari bibit, pupuk, obat-batan semua di cukupi, resikonya hasil pertanian kita harus dijual kepada pemberi modal dengan resiko harga kurang memuaskan,"ucapnya.


BACA JUGA : TNI AL Marinir Puslatpur - 6 Antralina Pamerkan Senjata di Pameran Ulang Tahun Kabupaten Sukabumi


Bapak 3 orang anak ini meyakini dengan bertani dirinya mampu untuk mencukupi kebutuhan hidup bahkan untuk menyekolahkan anak-anaknya ke tingkat yang lebih tinggi.


"Walau dengan berbagai beban resiko yang harus dialami, Alhamdulillah masih mencukupi untuk menutupi resiko kebutuhan keluarga dan biaya pendidikan anak, anak saya paling besar sekarag duduk di SMA," jelas Eman.


Eman berharap akan adanya lembaga penyedia permodalaan usaha tani yang mudah diakses dan dapat saling menguntungkan.


BACA JUGA : Rangkaian Acara Lengkap Hari Jadi Kabupaten Sukabumi ke-73 Tahun 2018


"Kalau saja ada BUMDES atau lembaga lainya yang bisa memberikan akses modal atau kerjasama yang saling menguntungkan ini sangat diharapkan sekali bagi para petani, sehingga kedepannya petani dapat mandiri," tandasnya.


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Ardi Kusuma

Jadi Petani Ternyata Bisa Menjadi Peluang Bisnis yang Menjanjikan Jadi Petani Ternyata Bisa Menjadi Peluang Bisnis yang Menjanjikan Reviewed by Tatar Sukabumi on Kamis, Oktober 04, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads