Header AD

Gerak Bersama Komunitas Sukabumi Buatkan Rumah Sementara Untuk Kemanusiaan di Palu

GERAK BERSAMA Komunitas Sukabumi membangun RUSUK (Rumah Sementara Untuk Kemanusiaan) di Desa Wombo Kabupaten Donggala, Foto : Nana Wijana


TatarSukabumi.ID - Bencana gempa dan tsunami yang meluluhlantahkan Palu, Sigi dan Donggala beberapa waktu lalu menggerakkan hati para aktivis kemanusiaan baik lembaga maupun individu untuk tergerak memberikan bantuan kepada korban bencana.


Seperti halnya yang dilakukan oleh GERAK BERSAMA Komunitas Sukabumi asal Sukabumi yang turut ambil bagian dalam penangangan bencana kemanusiaan.


BACA JUGA : Kapolres Sukabumi Ungkap Tewasnya Warga Cianjur di Cibadak Dengan Usus Terburai


Selain dengan melakukan penggalangan dana dan menyalurkannya kepada korban bencana di Palu, Sigi dan Donggala, 'GERAK BERSAMA Komunitas Sukabumi' juga terjun langsung mengunjungi lokasi terdampak untuk menyalurkan bantuan tersebut.


Nana Wijana, selaku Ketua Koordinator Gerak Bersama yang tengah berada di lokasi terdampak tersebut mengungkapkan kegiatan sosialnya saat dihubungi TatarSukabumi.ID, Kamis, (18/10/2018) melalui pesan Whatsapp.


"Sejak Senin malam, 15 Oktober 2018, gelombang sekarang 3 memberangkatkan orang. Dengan menggunakan pesawat komersil bergerak menuju lokasi bencana," ucap Nana Wijana.


BACA JUGA : Unik, Gerombolan Ratusan Lumba Lumba Terpantau di Perairan Palabuhanratu Sukabumi


"Kita membawa titipan dana sekitar 100 juta rupiah hasil galang dana bersama komunitas Sukabumi dan masyarakat Sukabumi, tidak ada dana dari pemerintah," lanjut Nana Wijana, Ketua Koordinasi GERAK BERSAMA Komunitas Sukabumi.


"Saat ini saya berada di Desa Wombo Kabupaten Donggala, kita membuat kampung binaan dan ada 430 Kapala Keluarga," sambung Nana.

GERAK BERSAMA Komunitas Sukabumi membangun RUSUK (Rumah Sementara Untuk Kemanusiaan) di Desa Wombo Kabupaten Donggala, Foto : Nana Wijana

"Tadi baru pembagian sembako dan sayuran 430 paket untuk 430 Kepala Keluarga, saat ini bapak-bapak dengan bahu membahu membangun RUSUK (Rumah Sementara Untuk Kemanusiaan)."


BACA JUGA : Kenal Lebih Dekat, Sandra Hemel Wanita Belgia Pemungut Sampah di Geopark Ciletuh Sukabumi


"Kegiatan lain yang dilakukan adalah memberikan motifasi untuk bengkit dan meringankan rasa trauma pada anak-nak korban bencana, tiap pagi dan sore anak-anak masih berkesempatan untuk belajar dan ngaji semantara untuk pengajian ibu-ibu dan bapak-bapak juga seminggu 2 kali." tulis Nana.


Selain GERAK BERSAMA Komunitas Sukabumi, Lembaga-lembaga kemanusiaan lainnya yang turut tergerak untuk memberikan bantuan pun dilakukan oleh lembaga lain.


"Banyak sih ya, ada yang bergabung dengan BNPB, Bumi Al-Quran Yayasan Dapuran Kipahare," lanjut Nana.


Nana Wijana bahkan tidak menyangka antusiasme warga sekitar saat GERAK BERSAMA Komunitas Sukabumi membangun RUSUK (Rumah Sementara Untuk Kemanusiaan) di lokasi terdampak, Desa Wombo Kabupaten Donggala.


BACA JUGA : Bandara di Sukabumi, Bupati dan Kadis Perhubungan Jelaskan Kesiapannya


"Tak menyangka antusiasme warga untuk bangun RUSUK sangat luar biasa, Sekali dikasih contoh mereka langsung kasih patok dan bikin rangka. Kita sudah sampaikan kalau terpalnya hanya cukup untuk 30 unit. Dan di yang kami data pun hanya 30 KK." tulis Nana Wijana dalam pesan Whatsapp.


GERAK BERSAMA Komunitas Sukabumi gelar kegiatan Kampung Binaan di Desa Wombo Kabupaten Donggala, Foto : Nana Wijana


"Ternyata yg udah bikin patok dan rangka sudah lebih dari 30 KK. 'Biar pak kami bangun saja dulu rangkanya, nanti siapa tau ada bantuan terpal datang lagi.'Demikian kata warga." lanjut Nana Wijana.


Nana juga menyampaikan harapannya kepada seluruh warga Indonesia dan juga bagi Pemerintah.


"Yg pertama harus taubat nasional, bisa jadi kejadian berturut2 ini ada andip dari dosa2 kita, Kedua saling membantu,"


"Klo harapan untuk Pemerintah Sukabumi untuk mendata warga Sukabumi yg ada di Palu. Memberikan bantuan dengan segera, memfasilitasi jika yg mau pulang, dan memberikan usaha baru untuk warga yg kembali ke sukabumi," tulis Nana.


GERAK BERSAMA Komunitas Sukabumi yang memiliki Posko di Puri Cibeureum Permai 1, Jl. Krakatau No. 29, Cibeureum juga masih menanti donasi bagi kegiatan yang tengah dilakukan di Palu.


BACA JUGA : Upaya Pencarian 8 Orang Sukabumi Korban Gempa Tsunami Donggala - Palu Berbuahkan Hasil


"Titip pesan, yg paling dibutuhkan warga saat ini adalah beras, dan terpal karena masuk musim penghujan, Jd yg mau donasi 1 huntara boleh donasi 1 sampai 1,5 juta, boleh mencantumkan nama, organisasi, atau perusahaannya di huntara yg dibangun,"


"Transfer ke rekening 0090383558100 BJB a/n GERAK BERSAMA KOMUNITAS SUKABUMI Konfirmasi ke Nomor HP saya 085793016000," tutup Nana Wijana.

Reporter : Ardi Kusuma / Asep M-Rhe

Editor : Ardi Kusuma

Gerak Bersama Komunitas Sukabumi Buatkan Rumah Sementara Untuk Kemanusiaan di Palu Gerak Bersama Komunitas Sukabumi Buatkan Rumah Sementara Untuk Kemanusiaan di Palu Reviewed by Tatar Sukabumi on Kamis, Oktober 18, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads