Header AD

Diminta Letakan Jabatannya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Angkat Bicara

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Maman Abdurahman / Foto : Rapik Utama / TatarSukabumi.ID


TatarSukabumi.ID - Aksi unjuk rasa digelar Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sukabumi didepan Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Rabu (17/10).


Beberapa hal menjadi tuntutan HMI dalam aksinya, Mahasiswa menuntut
Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi mengalokasikan 20% anggaran APBD kepada Guru Honorer bidang Pendidikan, tuntutan lainnya HMI meminta kejelasan terkait dugaan penyelewengan atas realisasi pengadaan buku pengayaan, refrensi dan panduan bidang pendidikan DAK tahun 2017 sebesar 8,7 Milyar dan anggaran Multimedia dan peralatan laboratorium komputer senilai 4,4 Milyar serta anggaran media pendidikan sebesar 3,4 Milyar.


Atas beberapa permasalahan tersebut, HMI menuntut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi untuk meletakkan jabatannya.


BACA JUGA : Unjuk Rasa Mahasiswa HMI Minta Kepala Dinas Pendidikan Mundur, Ini Tanggapan Sekda Kabupaten Sukabumi dan Ketua DPRD


Menyikapi hal ini Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Maman Abdurahman kepada TatarSukabumi.ID angkat bicara, "Itu merupakan tuntutan tidak rasional, pertama honorer sudah tuntas, sudah kita keluarkan surat tugas, itu dianggap punya nilai yang seimbang untuk kepentingan guru honorer itu sendiri, artinya bisa dipergunakan untuk PLPG dan sebagainya," jelas Maman Abdurahman, Kamis [18/10/2018].


"Kedua kita tidak pernah mengintervensi dana bantuan operasional sekolah (BOS), sebab apa, BOS itu asnafnya sudah jelas,
gak berani kita dan tidak boleh mengintervensi, dan bantuan pun masuk langsung ke rekening sekolah.
Bila ada yang mengatasnamakan oknum Disdik soal pungutan dan sebagainya segera laporkan dan tangkap saja. Jadi kita tidak pernah intervensi hal itu sehingga itu menjadi kewenangan sekolah," jelas Maman Abdurahman.


BACA JUGA : Aksi Dorong Demo Mahasiswa di Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Dugaan Intervensi dan Penyelewengan Anggaran Ditepis Iyus Yusuf Hilmi


Dituding adanya dugaan penyelewengan anggaran di Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Kadisdik menyanggah tudingan tersebut, "Program pengadaan nominal dana yang besar itu kan ada mekanisme, prosesnya itu melalui lelang e- processing elektronik, jadi kita tidak bisa main mata dengan pengusaha. Jadi kalau memang ada dugaan itu,saya kira tinggal konfirmasi dan laporkan saja, apa susahnya sih," tandas Kadisdik.


Ditekan untuk meletakan jabatannya, Kadisdik Kabupaten Sukabumi menegaskan jika jabatan itu hak prerogatif serta kewenangan Bupati Sukabumi, "Bukan kewenangan saya, misalkan begini dari segi prestasi pada kegiatan Sukabumi Award kemarin, dinas pendidikan mendapat penghargaan nilai akuntabilitas B-B berarti masuk kategori berprestasi, kemudian penghargaan yang kita peroleh tidak jelek-jelek amat, jadi seimbang." tegas Maman Abdurahman saat ditemui TatarSukabumi.ID usai menikuti rapat paripurna di gedung DPRD Kabupaten Sukabumi.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Diminta Letakan Jabatannya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Angkat Bicara Diminta Letakan Jabatannya, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi Angkat Bicara Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, Oktober 19, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads