Header AD

Dari 381 Desa Hanya 60 Desa se-Kabupaten Sukabumi yang Memiliki Website Desa

Pengelolaan website Desa tingkat Kecamatan Parungkuda Sukabumi - Foto : Rapik Utama (12/10/2018)


TatarSukabumi.ID -  Pelatihan pengelolaan website desa dilakukan Pemerintah Desa Sundawenang Kecamatan Parungkuda di Aula kantor Desa Sundawenang, Jumat [12/10/2018].


Pelatihan pengelolaan website Desa ini bertajuk 'Mengembangkan Literasi Data dan Informasi Menuju Masyarakat Desa Yang Berdaya Dan Berbudaya'.


Acara juga dihadiri unsur Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Sundawenang yang terdiri dari mitra pendamping desa, Staff Desa, Kadus, tokoh masyarakat dan pemuda.


BACA JUGA : Metode Penangkaran Cumi di Sukabumi Terkendala Regulasi


Menurut Bayu Permana, Pendamping Desa Kecamatan (PDK) Parungkuda, sekaligus Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) menjelaskan Website desa merupakan kantor resmi desa didunia maya, hal ini merupakan sistem informasi sebagai proses pengelolaan data desa menjadi informasi yang valid untuk menggambarkan kondisi obyektif desa dalam menunjang rencana pembangunan desa sehingga tepat sasaran selama masa pemerintahan kepala desa 6 tahun.


Menurut Bayu dari 381 Desa se-kabupaten Sukabumi hanya 60 Desa yang telah memiliki website, untuk Kecamatan Parungkuda yang aktif dikelola hanya Desa Parungkuda, Pondokkaso Landeuh dan Desa Sundawenang.


BACA JUGA : Iyos Somantri  Soroti dan Perintahkan Kasat Pol PP Turun ke Sungai Citatih Cibadak yang Keruh Kecoklatan


Dalam giat ini, Bayu memberikan contoh administrasi kependudukan, data infografis berdasar usia dan jenis kelamin yang telah dilaksanakan dan masuk kedalam website telah dilakukan oleh Desa Bojonggenteng - Jampangkulon.


Dalam evaluasi website Desa Sundawenang per tanggal 28 maret 2018 tentang jumlah konten kegiatan pembangunan pemberdayaan dan pemerintahanan, dengan publikasi diharapkan kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan realisasi pembangunan dana desa semakin meningkat.


BACA JUGA : Bapak 2 Putra Asal Cianjur Tewas Ditikam di Sukabumi


 
"Apabila ada informasi tentang inovasi obyektif desa secara digital segera dimasukkan kedalam website desa,
kelak kedepan akan dijadikan sebuah referensi atau jejak publikasi (track record) bagi pemerintah desa, Pemerintahan daerah, provinsi dan pusat," tutur bayu.


Bayu berharap, "Website desa Sundawenang agar terus disosialisasikan Kepada warga masyarakat, semoga pengurus kelompok informasi masyarakat (KIM) setelahnya ikuti pelatihan pengelolaan website desa  bisa menjadi motivasi dan meningkatkan kesadaran dalam mempublikasikan potensi desa sesuai data yang valid dan akurat," tandasnya.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Dari 381 Desa Hanya 60 Desa se-Kabupaten Sukabumi yang Memiliki Website Desa Dari 381 Desa Hanya 60 Desa se-Kabupaten Sukabumi yang Memiliki Website Desa Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, Oktober 12, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads