Header AD

Curug Cipenil dan Curug Cikuda Labuh Potensi Wisata yang Masih Tersembunyi

Belum banyak yang tahu, Curug Cipenil dan Curug Cikuda Labuh, bakal menjadi objek wisata andalan Desa Cipeuteuy, Asep M-Rhe

TatarSukabumi.ID - Belum banyak yang tahu, Dusun Pandan Arum, Desa Cipeuteuy Kecamatan Kabandungan ternyata memiliki potensi wisata alam yang mengagumkan.


Dengan kondisi geografisnya yang berada di pinggiran kawasan hutan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), ada beberapa titik potensi wilayah wisata.


Potensi terpendam itu berupa Curug atau Air Terjun yang bersusun dengan airnya yang jernih, karena langsung dihasilkan dari mata air Gunung Halimun hingga menyajikan keindah dan kesejukan bagi para penikmat wisata alam.


BACA JUGA : Panggung Spektakuler Bintang Pantura Akan Goyang Sukabumi Malam Nanti


Curug tersebut diketahui bernama Curug Cipenil dan Curug Cikuda Labuh.


Fery (24), salah satu warga setempat yang ditemui TatarSukabumi.ID menjelaskan mengenai Curug Cipenil dan Curug Cikuda Labuh yang berada di Kadusunan dan belum diketahui masyarakat luas, Sabtu (20/10/2018).

Belum banyak yang tahu, Curug Cipenil dan Curug Cikuda Labuh, bakal menjadi objek wisata andalan Desa Cipeuteuy, Asep M-Rhe


Rencananya, potensi wisata tersebut nantinya akan diintegrasikan dengan kegiatan wisata lainya yang saat ini sedang didorong oleh Pemerintah Desa seperti wisata Kampung Sukagalih, Hutan Pinus dan Piknik Kopi.


BACA JUGA : Tumpukan Sampah di Jembatan, Warga Bersama Paguris, Puteri Nelayan Palabuhanratu, Disperkimsih dan Gibas Turun


"Dalam musyawarah Dusun saat penggalian potensi , muncul ide dan usulan dari warga untuk pengembangan potensi waisata berbasis alam, dan itu sudah diusulkan kepada Pemerintah Desa untuk dimasukkan dalam rencana pembangunan jangka menengah Desa," kata Fery.


Asep Supriyadi, selaku Kepala Urusan Perencanaan Desa Cipeuteuy mengungkapkan mengenai pengembangan potensi wilayah wisata tersebut.


"Curug Cipenil dan Curug Cikuda Labuh secara administratif berada di wilayah Desa Cipeuteuy, namun lokasinya tepat berada dalam kawasan TNGHS sehingga mengharuskan ada nota kesepakatan kerjasama yang dibangun antara Pemdes dengan TNGHS," ucap Asep Supriyadi.


BACA JUGA : Konser Dangdut Akan Menggoyang Cibadak, Kepolisian Siapkan Pengamanan


"Pemdes berencana akan membuat kawasan wisata Curug Cipenil dan Curug Cikuda Labuh, melalui kerjasama dengan pihak TNGHS selaku penanggung jawab kawasan," lanjut Asep.

Belum banyak yang tahu, Curug Cipenil dan Curug Cikuda Labuh, bakal menjadi objek wisata andalan Desa Cipeuteuy, Asep M-Rhe


"Kedepan kita akan mendorong adanya nota kesepakatan kerjasama dengan pihak TNGHS untuk pengelolaan kawasan tersebut," ungkap Asep saat ditemui TatarSukabumi.ID, Sabtu (20/10/2018).


BACA JUGA : 25 Ribu Peserta Ikuti Festival Sholawat dan Paduan Suara di Pendopo Sukabumi


Lebih jauh, Asep menjelaskan, saat ini Pemdes sudah memasukkan rencana optimalisasi potensi-potensi wisata yang di Desa Cipeuteuy.


"Kedepan kita akan mulai melakukan pemetaan untuk akses jalan menuju curug agar mudah dilalui oleh pengunjung, karena sat ini akses menuju lesana masih kurang memadai," tutur Asep melanjutkan.


"Saat ini pengunjung yang datang ke Curug ini baru sebatas warga sekitar Kabandungan saja, dan masih minim publikasi dan promosi, karena belum cukup memadai sarana prasarana yang ada," imbuh Asep.


BACA JUGA : Petani Tomat Alami Gagal Panen di Musim Kali Ini


Akses menuju Curug Cipenil dan Curug Cikuda Labuh perlu menempuh jarak sekitar 2 kilometer dari pusat Pemerintahan Desa Cipeuteuy melalui akses jalan utama yang hanya dapat dilalui kendaran bermotor.

Belum banyak yang tahu, Curug Cipenil dan Curug Cikuda Labuh, bakal menjadi objek wisata andalan Desa Cipeuteuy, Asep M-Rhe


Sementara dari titik pemberhentian kendaraan menuju lokasi, masih harus menyusuri jalan setapak dibawah rimbunan hutan TNGHS.


Tentunya potensi wilayah pariwisata ini harus didukung semua pihak.


Pemdes berencana akan terus melakukan penataan lokasi Curug Cipenil dan Curug Cikuda Labuh ini, supaya bisa menjadi wisata andalan yang dapat menghasilkan pendapatan Desa dan dapat membangun perekonomian warga.


Reporter : Asep M-Rhe

Editor : Ardi Kusuma

(*)

Curug Cipenil dan Curug Cikuda Labuh Potensi Wisata yang Masih Tersembunyi Curug Cipenil dan Curug Cikuda Labuh Potensi Wisata yang Masih Tersembunyi Reviewed by TatarSukabumi.ID on Sabtu, Oktober 20, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads