Header AD

Ciletuh Geopark Festival ke-4 Tahun 2018 Tujuan Wisata Kelas Dunia

Bupati Sukabumi Marwan Hamami Buka Ciletuh Geopark Festival 2018 - Foto : Isep Panji (13/10/2018)


TatarSukabumi.ID - Pembukaan Ciletuh Geopark Festival ke-4 Tahun 2018 digelar hari ini, Sabtu (13/10/2018).


Secara simbolis Bupati Sukabumi Marwan Hamami membuka Ciletuh Geopark Festival (CGF) ke-4 Tahun 2018 yang disambut meriah ribuan tamu serta wisatawan yang hadir.


BACA JUGA : Bandara di Sukabumi, Bupati dan Kadis Perhubungan Jelaskan Kesiapannya


Dalam sambutannya Bupati Sukabumi Marwan Hamami membeberkan, Geopark Ciletuh Palabuhanratu merupakan kawasan taman bumi dengan keunikan dan keberagaman hayati yang menjadi salah satu kebanggaan Kabupaten Sukabumi.


Geopark adalah sebuah konsep managemen sumber daya keragaman bumi sebagai daya tarik wisata mencakup Geologi (Geodiversity) Biogi (Biodiversity) sosial budaya Cultur Geodiversity dan Pariwisata.


BACA JUGA : Program MBR Sukabumi Discount 1 Juta, Pasang Saluran Air PDAM Hanya 250 Ribu


Menurut Bupati, setelah mendapat pengakuan resmi dunia, keberadaan Geopark Ciletuh Palabuhanratu menjadi destinasi wisata yang dapat dikembangkan keberadaannya untuk bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka mewujudkan Kabupaten Sukabumi yang lebih baik.


Beberapa spot wisata yang menjadi unggulan Geopark Ciletuh yakni keberadaan air terjun yang disebut The Seven Wonder of Waterfall, diantaranya Curug awang, Curug Engah, Curug Puncak Manik, Curug Cimarinjung, Curug Sodong, Curug Ciatek dan Curug Ngaley.


Selain spot wisata air terjun, hamparan Geopark Ciletuh juga memiliki Pantai Bentang Alam, Bukit Panenjoan, Pulau Mandra dan Pulau Kunti, Hamparan Batu Batik dan Kawasan konservasi Penyu di Pantai Pangumbahan sebagai kawasan inti Ciletuh.


BACA JUGA : Iyos Somantri  Soroti dan Perintahkan Kasat Pol PP Turun ke Sungai Citatih Cibadak yang Keruh Kecoklatan


Bupati berharap, Festival Geopark Ciletuh Palabuhanratu (CGF) diharapkan menjadi sarana promosi Geopark Ciletuh Palabuhanratu sebagai destinasi unggulan kelas dunia, event CGF tahun ini juga sekaligus momentum keberhasilan geopark ciletuh meraih Unesco Global Geopark (UGG).


"Tantangan kedepan kita adalah bagaimana potensi alam yang lengkap dan Indah ini bisa menjadi salah satu tujuan utama wisata Nusantara maupun Mancanegara," harap Marwan Hamami, Sabtu (13/10/2018).(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Ciletuh Geopark Festival ke-4 Tahun 2018 Tujuan Wisata Kelas Dunia Ciletuh Geopark Festival ke-4 Tahun 2018 Tujuan Wisata Kelas Dunia Reviewed by Tatar Sukabumi on Sabtu, Oktober 13, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads