Header AD

Alasan Bus dan Truk Tidak Masuk Jalur Trans Loji Puncak Darma Menuju Geopark Ciletuh

Himbauan Bus dan Truk untuk berhati hati sepanjang jalur Trans Loji - Geopark Ciletuh - Foto : Rudi Imelda (6/10/2018)


TatarSukabumi.ID - Geopark Ciletuh Palabuhanratu salah satu spot wisata kelas dunia yang saat ini menjadi destinasi wisata unggulan Sukabumi.


Destinasi wisata Geopark Ciletuh dapat diakses melalui beberapa pilihan jalan baik dari kota Sukabumi maupun dari Palabuhanratu.


Namun ruas jalan dengan jarak tempuh terdekat dari Sukabumi maupun Palabuhanratu adalah ruas jalan baru, Jalur Trans Loji - Puncak Darma.


BACA JUGA : Truk Terbalik di Tanjakan Dini Ruas Jalan Trans Loji Geopark Ciletuh


Tidak hanya memotong jarak tempuh dan waktu perjalanan, namun akses jalan ini pun memiliki pemandangan nan indah.


Ruas jalan ini merupakan penghubung Desa Loji, Kecamatan Simpenan dengan Puncak Darma Pantai Palangpang, Kecamatan Ciemas yang berjarak 32 KM dengan panorama alam yang disuguhkan dipastikan memukau mata pengunjung.


BACA JUGA : Driver Ojol Sukabumi Terhipnotis, Motor Lenyap Dibawa Kabur


Namun sejak awal diresmikankanya Jalur Trans Loji - Puncak Darma bagi wisatawan, beberapa kecelakaan sempat terjadi disepanjang ruas jalan Trans Loji - Puncak Darma.


Beberapa kecelakaan diduga disebabkan oleh kondisi kendaraan yang tidak laik pakai namun dipaksakan untuk menempuh jalan dengan medan yang berkelok dengan tikungan dan tanjakan yang cukup curam sepanjang jalur ini, maupun akibat kelalaian serta akibat ketidak tahuan sopir akan medan jalan.


Untuk meminimalisir tingkat kerawanan kecelakaan disepanjang jalur ini, Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jabar wilayah Kabupaten Sukabumi, menghimbau kepada pengguna kendaraan besar seperti Bus dan Truk disarankan untuk tidak menggunakan Jalur Trans Loji - Puncak Darma namun menggunakan akses jalan lain menuju Geopark Ciletuh.


BACA JUGA : Himbauan Berhati-Hati Saat Lewati Jalur Trans Loji Puncak Darma Geopark Ciletuh Palabuhan Ratu


Dari pantauan TatarSukabumi.ID dibeberapa titik ruas Jalan, terlihat beberapa papan himbauan yang menuliskan Bus dan Truk dihimbau untuk tidak melintas ruas Jalan Trans Loji - Puncak Darma.


Beberapa diantaranya Banner berlogo Unit Laka Lantas Polres Sukabumi yang bertuliskan Bus Besar Dilarang Masuk.


BACA JUGA : Supir L300 yang Terjun ke Sungai di Ciambar Sukabumi Akhirnya Hembuskan Nafas Terakhir


Saat dikonfirmasi, Kepala Sub Unit Pengelola Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Barat, Entis Sutisna Kepada TatarSukabumi.ID mengungkapkan, "Kami hanya menghimbau kepada semua pengguna jalan tersebut agar selalu berhati hati dan waspada, ketika melintasi jalan tersebut, karena banyak tanjakan serta turununan yang sangat curam," ungkap Entis Sutisna, Sabtu [6/10/2018].


Menurut Entis, salah satu tanjakan yang cukup curam berada dikawasan Cilegok, dengan lebar jalan 9 meter dengan tinggi tanjakan sepanjang 200 meter dan kemiringan tanjakan mencapai 18 derajat.


"Jadi kami himbau untuk semua kendaraan penumpang Bus dan Truk agar tidak melintas di jalur tersebut, dan kami telah pasang beberapa banner himbauan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas, pesan kami bagi pengguna jalan agar selalu berhati hati dan patuhi rambu rambu lalu lintas," tandasnya.(*)


Reporter : Rudi Imelda
Editor : Dian Syahputra Pasi

Alasan Bus dan Truk Tidak Masuk Jalur Trans Loji Puncak Darma Menuju Geopark Ciletuh Alasan Bus dan Truk Tidak Masuk Jalur Trans Loji Puncak Darma Menuju Geopark Ciletuh Reviewed by Tatar Sukabumi on Sabtu, Oktober 06, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads