Header AD

Tumpukan Sampah di Bantaran Sungai Citatih, Warga Butuh Motor dan Gerobak Pengangkut Sampah

TatarSukabumi.ID - Warga Kampung Sukamaju Desa Warnajati, Kecamatan Cibadak, keluhkan sampah yang menggunung di bantaran Sungai Citatih Cibadak.


Hal ini mencuat setelah salah seorang tokoh warga setempat menuliskan keluhannya di Medsos hingga mendapat respon Warganet dan menuai tanggapan miring Netizen.


BACA JUGA : Tumpukan Sampah di Sungai Citatih Cibadak Viral


Menanggapi permasalahan ini, Kepala Desa Warnajati Hilmi Nurhikmat mengaku telah sejak lama mendapat keluhan akibat tumpukan sampah dari warganya.


Kepala Desa Warnajati mengaku telah menindak lanjuti keluhan warga dengan melayangkan surat permohonan pengajuan bantuan pengadaan motor pengangkut sampah atau gerobak sampah kepada Bupati melalui Kepala Dinas Perkimsih.


"Permohonan bantuan pengadaan motor pengangkut sampah sudah kita buat dan telah disampaikan kepada Bupati melalui Dinas Perkimsih pada 12 maret 2018 lalu, Namun sampai saat ini memang belum ada realisasi," ujar Hilmi Nurhikmat, Sabtu [1/9/2018].


BACA JUGA : Warga Blokade Jalan Dengan Besi dan Coran di Gegerbitung


Pemerintahan Desa Warnajati terus berupaya melakukan peningkatan kebersihan lingkungan diwilayahnya namun terkendala sarana dan prasarana penunjang untuk pengelolaan sampah.


Pemdes Warnajati saat ini memiliki 4 tempat penampungan sampah sementara (TPSS) untuk melayani 3 wilayah ke-RWan meliputi 185 Rumah Tangga.


BACA JUGA : TKW Sukabumi Dikasari di Malaysia, Keluarga Tunggu Proses Pemulangan


Namun saat ini terkendala keterbatasan kemampuan petugas pengepul sampah dalam mengumpulan sampah rumah tangga ke tempat penampungan sementara, "jarak antara lingkungan penduduk/rumah tangga dengan TPSS relatif cukup jauh, sehingga pengumpulan sampah masih belum optimal," ujar Kades.


"Untuk meningkatkan pengelolaan sampah  kendaraan Motor/gerobak pengangkut sampah ini penting sekali untuk untuk menunjang pengangkutan sampah dari tiap lingkungan rumah tangga ke Tempat Penampungan Sampah Sementara," ungkapnya.(*)


Reporter : Isep Panji
Editor : Dian Syahputra Pasi

Tumpukan Sampah di Bantaran Sungai Citatih, Warga Butuh Motor dan Gerobak Pengangkut Sampah Tumpukan Sampah di Bantaran Sungai Citatih, Warga Butuh Motor dan Gerobak Pengangkut Sampah Reviewed by Tatar Sukabumi on Sabtu, September 01, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads