Header AD

Tanggapan Marwan Hamami Terkait Lahan Tanah Terlantar di Sukabumi

Bupati Kabupaten Sukabumi Marwan Hamami (foto: Rapik Utama/TatarSukabumi.ID)


TatarSukabumi.ID - Beberapa Kecamatan di Kabupaten Sukabumi telah ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).


Salah satu daerah yang telah ditetapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus di Kabupaten Sukabumi adalah wilayah Kecamatan Cikidang.


BACA JUGA : Sepekan Kecelakaan Bus Maut Cikidang, Warga Berbondong Bondong Selfie di Tanjakan Leter S Cikidang


Data yang diterima TatarSukabumi.ID beberapa area menurut kajian BPN (Badan Pertanahan Nasional) tertanggal 03 Februari 2014 menyatakan batas tanah penyisihan dari penerbitan SK HGB Nomor 1 pada Blok Cisinjang-Cikajang, Desa Bumisari kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi diidentifikasi sebagai lahan tanah terlantar.


Berlandaskan hal tersebut, Warga Masyarakat setempat meminta Pemerintah Daerah Sukabumi untuk dapat memanfaatkan dan menjadi hak milik atas lahan tanah terlantar dikawasan Desa Bumisari kecamatan Cikidang.


BACA JUGA : Inilah 22 Kecamatan di Sukabumi Yang Telah Melakukan Mogok Ngajar


Menanggapi hal ini, saat dikonfirmasi, Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengungkapkan, "Rakyat bila dikasih tanah itu akan menghasilkan nilai produksi (atau) tidak, karena untuk mengelola satu hektare saja bisa dibutuhkan anggaran dan pasar, Itu juga harus dipikirkan," ungkap Bupati Sukabumi.


Menurut Bupati Sukabumi perlu kajian lebih dalam terkait pelepasan hak atas tanah terlantar, "Jangan diprovokasi untuk mengambil alih lahan, tapi kemudian lahan dijual lagi ke orang lain, itu yang hadi persoalan," jelas orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi.


Lebih lanjut Marwan Hamami menjelaskan, "Ketika tanah HGB ini dilakukan reformasi agraria penyerahan sertifikat kepada warga masyarakat, namun tidak lama satu dua bulan sudah digadaikan, jadi semakin berpotensi untuk tidak dioptimalkan karena untuk mengolahnya dibutuhkan biaya," beber Bupati Sukabumi.(*)


Reporter : Rapik Utama
Editor : Dian Syahputra Pasi

Tanggapan Marwan Hamami Terkait Lahan Tanah Terlantar di Sukabumi Tanggapan Marwan Hamami Terkait Lahan Tanah Terlantar di Sukabumi Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, September 21, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads