Header AD

Tambang Emas Liar di Sukabumi, Penambang Tergiur Mitos Emas

TatarSukabumi.ID - 2 lobang tambang Penggalian Emas Tanpa Izin (Peti) ditemukan di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).


Reaksi cepat tanggap dilakukan Pihak Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), bekerja sama dengan anggota TNI dan Polri menggelar operasi gabungan menindak penambang emas liar, Rabu (5/8/2018).


Meski Penambang Emas liar sempat kabur, namun Tim gabungan berhasil menyita beberapa alat penggalian emas sekaligus menutup lobang tambang, Kamis (6/8/2018).


BACA JUGA : Penambang Emas Liar Jarah Taman Nasional Gunung Halimun Salak


Salah satu pemicu terjadinya pertambangan ilegal adalah beredarnya Mitos akan kandungan emas yang berada di Gunung Kasur, di wilayah Kampung Pasir Badak, Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.


"mitos yang sudah lama beredar, orang tua dulu menceritakan bahwa Gunung Kasur menyimpan guratan batu emas, dan ini masih dipercayai oleh beberapa warga di luar desa kami," ujar Jajang kepada TatarSukabumi.ID, Jumat (7/8/2018).


BACA JUGA : Tutup Tambang Emas Ilegal, Warga Dihimbau Tolak Keberadaan Penambang Liar di Kabandungan Sukabumi


Padahal untuk menjawab rasa penasaran, warga setempat sempat mencoba melakukan penelitian hingga melakukan uji sample material tanah namun hasil uji membuktikan tidak terdapat kandungan emas yang terkandung dalam lobang yang dilakukan para pelaku Peti.



"beberapa warga disini memiliki pengalaman dalam penambangan dan pengolahan emas, dulu banyak yang bekerja di penambangan ilegal di kawasan Gunung Pongkor dan tempat lainnya, setelah di cek namun hasilnya nihil, disini tidak ada kandungan emas," jelas Jajang.


BACA JUGA : Balita Terperosok Masuk Kedalam Sumur di Sukabumi


"Dalam kegiatan Peti serat dengan hal mistis dan dunia ghaib, tidak jarang para Pelaku Peti menjadi korban atau dimanfaatkan oleh para oknum dukun yang sengaja mencari keuntungan materi," pungkas Jajang.


Tim gabungan bersama warga dan pemerintah setempat sepakat untuk melakukan penolakan akan tindakan Peti dikawasan Gunung Kasur hingga saat ini Pelaku Penambangan Liar masih dalam kejaran petugas.(*)


Reporter : Asep M-Rhe
Editor : Dian Syahputra Pasi

Tambang Emas Liar di Sukabumi, Penambang Tergiur Mitos Emas Tambang Emas Liar di Sukabumi, Penambang Tergiur Mitos Emas Reviewed by Tatar Sukabumi on Jumat, September 07, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads