Header AD

Seperti Ini Simulasi Penanganan Teroris Saat Wakil Bupati Sukabumi Disandera

Adjo Sardjono dievakuasi Gultor Raider saat disandera Teroris (26/9/2018) Foto : Humas


TatarSukabumi.ID - Dalam rapat internal persiapan dan pematangan kegiatan Hari Jadi Kabupaten Sukabumi, Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono bersama sejumlah perangkat daerah dan perwakilan Masyarakat di Gedung Pendopo Palabuanratu, Rabu (26/09/2018).


Saat rapat berlangsung tiba tiba terjadi rentetan tembakan dan ledakan bom diluar Gedung pendopo hingga membuat panik peserta rapat.


Tidak cukup disitu, segerombolan teroris mendobrak masuk ruang rapat dan menembak membabi buta diruang rapat.


Teroris menyandera beberapa tokoh dan meminta uang tebusan kepada Adjo Sardjono.


BACA JUGA : Aksi Bejad Pedofilia di Sukabumi, Korban Diikat, Dilakban Hingga Digilir Didalam Gubuk


Namun upaya ini berhasil digagalkan, Pasukan Batalyon Infanteri Raider 300  dan berhasil menerobos masuk dan secara cepat berhasil melumpuhkan Teroris.


Pasukan Batalyon Infanteri Raider 300 berhasil menyelamatkan Wakil Bupati hingga langsung diamankan dalam kendaraan PJD untuk dievakuasi ke Safehouse.


BACA JUGA : Gegara Macet, Jujun Junaedi Warga Sukabumi Ciptakan Mesin Terbang


Hal ini bukan kejadian sebenarnya, melainkan sebuah skenario yang sengaja dibuat sebagai sebuah simulasi penanganan Teroris oleh Pasukan Batalyon Infanteri Raider 300.


"Latihan ini dilaksanakan dalam rangka pemeliharaan kemampuan yang dimiliki pasukan Raider khususnya pasukan Gultor (Penanggulangan Teroris), latihan ini dilaksanakan di seluruh Jawa barat," ujar Lettu inf Andhika Febriansyah S.S.T.Han.,S.I.P, Rabu [26/9/2018].


Untuk diketahui, Batalyon Infanteri Raider 300/Raider Brajawijaya atau (Yonif 300/Raider BJW) Kodam III/Siliwangi, merupakan sebuah pasukan elit Infanteri TNI Angkatan Darat yang sebelumnya bernama Yonif 327/Brajawijaya/Yonif 300/Raider Banjar Kedaton.


BACA JUGA : Jelang Pertemuan Guru Honorer dengan Pemkab Sukabumi 25 September Mendatang, Adjo Sardjono Angkat Bicara


"Kami memilih objek wisata Palabuanratu karena tidak menutup kemungkinan lokasi ini ada tingkat kerawanan tersendiri dari daerah daerah lain, latihan ini sekaligus pemetaan dikala suatu saat ada terjadi sikon yang tidak baik, jadi kita sudah bisa paham daerah disini" beber Lettu inf Andhika Febriansyah S.S.T.Han.,S.I.P selaku Pasi Intel Yonif Raider 300 BJW.


Sebagai satuan Pemukul Mobil Kodam III/Siliwangi, Yonif Raider/300 BJW mempunyai tugas pokok mencari, mendekati, menawan dan menghancurkan musuh untuk sasaran yang strategis, dengan moto 'Cepat, Senyap, Tepat'. 


BACA JUGA : Banjir Ikan Lisong di Palabuhabratu Harga 3 Ribu Perkilo, Masyarakat Serbu TPI


Ditemui dilokasi simulasi Teroris, Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sarjono mengaku sempat kaget meski telah mengetahui skenario yang akan dijalankan, "Kalau tidak diberitahu pasti kaget, tapi sekalipun begitu tetep saja kaget," ujar Adjo Sardjono.


Menurut Wabup Jajaran TNI/ POLRI telah memiliki prosedur tetap dalam mengawal wilayah Kabupaten Sukabumi, namun dengan simulasi ini ada pelajaran yang bisa dipetik, "Setidaknya setiap saat tentu harus selalu waspada, selalu siaga, kemungkinan bisa saja terjadi, oleh karenanya kita harus selalu antisipatif karena setiap kegiatan harus selalu berjalan dengan aman dan tertib dan lancar," jelas Wabup.


Di tempat terpisah, Kepala Bagian Humas Protokol dan Administrasi Risbandi.Ar menyatakan jika kegiatan simulasi teroris ini atas izin pimpinan, "Kegiatan ini telah dikoordinasikan dengan Pak Bupati, awalnya Pak Bupati yang akan pimpin langsung, mengingat beliau sedang sakit maka beliau perintahkan pak Wabup untuk  memimpin acara, memang peserta rapat kita tidak kasih tahu, hanya beberapa orang yang terlibat dan berperan dalam simulasi, alhamdulillah semua berjalan dengan lancar sesuai skenario yang telah di tetapkan" ungkap Risbandi.Ar.(*)


Sumber/Foto : Humas
Editor : Dian Syahputra Pasi

Seperti Ini Simulasi Penanganan Teroris Saat Wakil Bupati Sukabumi Disandera Seperti Ini Simulasi Penanganan Teroris Saat Wakil Bupati Sukabumi Disandera Reviewed by Tatar Sukabumi on Rabu, September 26, 2018 Rating: 5

Post AD

home ads